Kenali 6 Tanda Rem Mobil Blong

Tanda Rem Mobil Blong – Salah satu bagian dari mobil yang sangat penting ialah rem mobil. Rem mobil blong dan tidak berfungsi menjadikan hal yang bisa dicegah dengan perawatan yang berkala. Dengan kontur jalan dan kondisi lalu lintas yang berubah-ubah maka kondisi rem yang prima menjadi keharusan demi keselamatan bersama.

Salah satu penyebab kecelakaan beruntun di tol cipularang yang mengakibatkan sekitar 20an kendaraan di jalan tol yang kecelakaan sangat fatal dan menyebabkan beberapa mobil terbakar juga jatuhnya korban jiwa dikarenakan rem truk blong.

Banyak faktor yang mengakibatkan rem kendaraan blong dan untuk mengetahuinya harus di periksa oleh teknisi bengkel yang berpengalaman. Seperti penyebab kecelakaan maut di cipularang, rem blong dapat berakibat fatal bila terjadi di kondisi yang ekstrim seperti jalan menurun, kondisi macet, juga tanjakan.

Untuk itu mari kita kenali 6 tanda Rem Mobil Blong yang bisa diketahui dan dicegah sejak dini.

Pemeriksaan kondisi rem



1.Jarak Ketika Mengerem Bertambah

Jika rem mobil blong salah satu indikasinya ialah jarak pengereman mobil yang bertambah dari biasanya. Ketika terasa jarak pengereman yang sudah bertambah dan kondisi jalan normal maka langsung saja lakukan pengecekan sistem rem mobil dengan seksama.

Sarannya, jika Anda merasakan gejala-gejala awal di atas, segera tepikan mobil dan periksa secara detail sistem pengereman mobil. Jangan memaksakan untuk terus berjalan karena bisa mengakibatkan kecelakaan saat rem blong.

2. Ketika Mengerem, Mobil tertarik ke satu sisi

Ketika rem mobil ditekan maka mobil seperti membuang ke arah kiri atau kanan dan tidak normal. Yang mudah dilihat ialah anda merasakan setir membanting ke arah sisi Anda harus menahan setir supaya mobil tidak ikut berbelok.




Jika ini terjadi bisa jadi karena adanya kesalahan dari saluran distribusi tekanan minyak rem. Atau juga efek seperti ini diakibatkan bocornya salah satu bagian silinder piston rem.

3. Pedal rem yang terasa enteng

Tanda rem mobil blong selanjutnya ialah pedal rem yang ringan. Hal ini salah satu tanda jika minyak rem mobil Anda sudah berkurang atau habis. Maka bila minyak rem sudah sedikit, maka jika rem diinjak akan terasa ringan bahkan tidak ada efeknya sama sekali.

Penyebabnya ialah minyak rem tidak meneruskan tekanan dari pedal rem ke kampas rem. Penyebab rem blong ini karena Pedal terasa ringan juga bisa disebabkan karena adanya angin yang masuk pada sistem rem mobil. Lakukan pemeriksaan berkala harus dilakukan terhadap jumlah minyak rem mobil yang ada.

4. Adanya suara gesekan pada rem

Jika terdengar suara dari kampas rem maka bisa dipastikan kampas rem sudah habis atau aus dan harus di ganti dengan yang baru. Suara yang dihasilkan ialah karena gesekan antara piringan cakram atau teromol dan pegangan kampas rem saat pedal rem diinjak. Hal ini akan membuat rem menjadi overheat kehilangan daya cengkeram. Tentunya membuat rem menjadi blong.

5. Keras ketika Pedal rem di injak

Ini kebalikannya, yaitu pedal rem yang terasa keras juga pun menjadi tanda rem mobil akan blong. Hal ini biasanya terjadi ketika tersumbatnya saluran oli rem, selang vacum yang pecah, silinder roda macet atau bagian kampas rem yang terkena oli.

6. Rem bergetar

Tanda rem akan blong terakhir ialah karena kondisi kanvas rem yang mengeras atau bisa juga karena terkena oli. Rem mobil bergetar juga bisa berasal dari piringan cakram atau permukaan teromol rem yang tidak rata. Hal ini bisa membuat rem tidak maksimal membuatnya kehilangan tekanan ketika kondisi perjalanan yang berat.

Baca Juga : Cara Mudah Mencegah Rem Blong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *