Serasa Baru Lagi, Cara Gurah Mesin Motor Sendiri

Cara Gurah Mesin Motor Sendiri – Supaya pembakaran mesin optimal tenaga mesin maksimal maka perlu ruang bakar yang bersih. Salah satu cara lawas ialah membersihkan ruang bakar dengan cara servis besar dan membongkar kepala silinder mesin motor.

Tetapi hal ini memerlukan proses yang panjang juga biaya yang tinggi. Selain itu juga ada risiko baut-baut yang kurang kencang serta paking mesin yang tidak rapat.

Saat ini kamu bisa melakukannya dengan Cara Gurah Mesin Motor Sendiri untuk melaukan pembersihan ruang bakar dengan tidak perlu membongkar kepala silinder supaya tarikan motor serasa baru keluar dari pabrik.

Kamu dapat menggunakan teknik gurah mesin motor. Walau gurah mesin bisa dikerjakan bengkel, namun tidak ada salahnya bila kamu tahu prosesnya.

alat gurah mesin motor
alat gurah mesin motor



Pada prinsipnya gurah mesin motor dengan mobil tidak ada bedanya. Proses gurah mesin juga dikenal dengan istilah chamber carbon cleaner.

Cara gurah mesin motor ialah dengan menuang cairan chamber carbon cleaner ke dalam ruang pembakaran dan biasanya dilakukan melalui lubang busi.

Karena jika terkena cairan tersebut kotoran atau kerak yang menempel di atas piston, kepala klep dan dinding ruang bakar akan gampang terangkat.

Cara mengerjakan gurah mesin motor sendiri :

  1. Panaskan mesin motor sampai mencapai suhu ideal.
  2. Setelah itu diamkan sekitar 10 sampai 15 menit, lalu hisap cairan gurah mesinnya dengan mesin vakum khusus. Sampai seluruh cairan chamber carbon cleaner tidak tersisa.

Yang perlu diperhatikan ialah cairan chamber carbon cleaner di ruang bakar harus benar-benar hilang karena jika tidak bisa menyebabkan water hammer.

Jika terjadi Water hammer akan menyebabkan setang piston menjadi melengkung dan piston bisa pecah akibat kandungan air yang ikut terkompresi di dalam ruang bakar.

Baca Juga : Mencampur Air Radiator Dengan Air Biasa, Apa Boleh?

Masih Butuh Info ? Klik Artikel Terkait Yang Ada di Bawah Ini :




  • Leave a Comment