PO Haryanto, Dari Tentara Menjadi PO Bus Sukses

PO Haryanto – Salah satu Perusahaan Otobus (PO) yang populer di masyarakat ialah PO Haryanto. Perusahaan transportasi bis ini dirintis sejak tahun 2002 dan sekarang telah mempunyai lebih dari 250 unit bis modern.

Haji haryanto merupakan nama yang digunakan oleh Perusahaan Otobus asal Kudus ini. Haji Haryanto dulunya merupakan anggota Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad) berpangkat Kopral dan bertugas di Tangerang.

Sejalan dengan waktu beliau memilih untuk berhenti sebagai anggota TNI dan memilih menekuni usaha angkot yang telah dirintisnya dan kemudian berkembang dengan usaha Bus. Saat ini PO Haryanto merupakan salah satu “Raja” Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Bus Pariwisata untuk sejumlah wilayah di Indonesia.

Saat ini PO Haryanto dipimpin oleh Putra Pertama Haji Haryanto, Rian Mahendra yang juga menjabat sebagai Direktur Operasional PO Haryanto. Sosok yang akrab disapa dengan panggilan Mas Rian ini mempunyai karakter yang low profile dan ramah.

Dari Jakarta ke Kudus

Pada tahun 2003, Rian dipanggil oleh sang Ayah untuk kembali ke Kudus untuk mengelola perusahaan Bus serta mengembangkan jaringan agen agar PO haryanto semakin maju.

PO Haryanto
PO Haryanto

Pada mulanya tahun 2003 hanya ada 5 bis putih HINO non AC ekonomi yang beroperasi. Tahun 2004 mulai berkembang dengan menambah armada 2 bus eksekutif.

Dengan posisi Bapak Haji Haryanto di Pulo Gadung, Jakarta mencari penumpang, Rian fokus untuk membuat jaringan agen bis di wilayah timur. Mulai dari mengembangkan jaringan jalur, penerimaan karyawan, SOP perusahaan, administrasi, birokrasi.

Tidak selamanya PO Haryanto ada di puncak bisnis. Perusahaan bis ini juga sempat mengalami masalah dan hampir bangkrut pada tahun 2006. Namun dengan semangat yang pantang menyerah, perusahaan keluarga Haji Haryanto ini berhasil keluar dari krisis perusahaan dan bangkit kembali.

Saat itu pernah walaupun keadaan sedang banjir setinggi paha orang dewasa, Rian masih tetap kerja mencari penumpang. Dan sosok pemimpin perusahaan PO Haryanto ini kerap turun ke lapangan memantau langsung dan tidak enggan membantu penumpang untuk membawakan tasnya atau membopongnya.

Beliau sangat tidak suka jika melihat penumpang ditelantarkan, karena penumpanglah yang bisa membesarkan PO Haryanto menjadi seperti sekarang ini.

Kerja Keras Yang Membuahkan Hasil

Karena kerja kerasnya dalam mengembangkan usaha dan jaringan bus, saat ini armada busnya mencapai 260an unit. Selain itu juga pangsa pasar PO Haryanto semakin banyak melalui jaringan yang dibangun mulai dari Merak, Sumenep sampai Madura.

PO Haryanto
PO Haryanto

Filosofi perusahaan ini yang menomorsatukan kenyamanan penumpangnya, maka peremajaan secara berkala armada bus PO Haryanto dilakukan setiap lima tahun sekali.

Oleh karena itu fasilitas yang diberikan oleh Bus PO Haryanto bisa dipastikan nomer satu seperti AC, Toilet, Reclening Seat, Tempat kaki, Bantal, Selimut, Wifi, Service makan, Snack, hingga Televisi.

Baca Juga : Cara Beli Tiket Online Bus Rosalia Indah

Masih Butuh Info ? Klik Artikel Terkait Yang Ada di Bawah Ini :

  • Leave a Comment