Pilih Mana Aki Basah Atau Aki Kering?

aki basah vs aki kering

Aki Basah Atau Aki Kering  – Accu atau Aki pada kendaraan bermotor merupakan part yang esensial  dan harus di rawat dengan baik. Sepeda motor juga mobil past memakai aki agar bisa di starter. Akan tetapi jika waktunya ganti aki dan kamu harus memilih antara Aki Basah Atau Aki Kering, mana yang akan kamu pilh?

Pada umumnya  semua jenis aki yang ada di pasaran baik itu kering atau basah tetap memakai cairan elektroda atau umumnya dikenal dengan air aki. Akan tetapi pada jenis aki kering, cairannya cenderung lebih padat dan lebih menyerupai gel.

Untuk aki basah biasanya butuh perawatan yang rutin dan beda dengan menggunakan aki kering yang dibuat untuk bebas perawatan.

aki basah vs aki kering
aki basah vs aki kering

Harga Aki Kering VS Aki Basah

Jika perbandingan Harga antara aki kering dan aki basah  maka aki kering relatif lebih mahal. Sebagai contoh, untuk salah satu jenis aki kering dengan merek GS Battery untuk mobil tipe minibus seperti Xenia dibandrol dengan harga sekitar Rp 900ribuan. Dan untuk aki basah dengan merek dan untuk mobil yang bertipe yang sama dijual dengan harga lebih murah sekitar Rp 700ribuan.

Lalu aki mana yang sebenarnya lebih baik untuk mobil kamu? Hal ini sebenarnya tergantung dari selera pemilik mobilnya. Biasanya tipe pemilik mobil yang senang dan hobi merawat kendaraan bermotornya cenderung untuk memilih aki basah dibanding aki kering.

Untuk Aki basah cenderung lebih awet namun dengan catatan volume airnya harus selalu di jaga. Untuk pemeriksaan biasanya harus rutin diperiksa setiap dua bulan sekali. Jika untuk digunakan kendaraan operasional umum seperti taksi online, maka disarankan setiap satu bulan sekali

Umumnya banyak pemilik mobil yang biasanya tidak sempat merawat dan memeriksa kendaraannya sendiri karena kesibukan kerjanya sebaiknya menggunakan aki kering dikarenakan aki ini tidak banyak perlu perawatan yang rutin.

Akan tetapi untuk ukuran pemakaian rata-rata aki kering biasanya sekitar 1,5 sampai 2 tahun. Setelah itu harus diganti dengan yang baru.

Semoga artikel diatas berguna untuk kamu untuk menentukan antara aki kering atau aki basah untuk kendaraan kamu.

 

Baca Juga : Jangan Abaikan Air Radiator Motor Yang Berkurang, Periksa 5 Bagian Ini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *