Power Steering Bunyi Mendengung Dan Penyebabnya

penyebab power steering bunyi




Bila power steering mobil bunyi mendengung sudah pasti membuat anda tidak nyaman saat menyupir. Penyebab Power Steering Bunyi terdapat beberapa masalah yang bisa diperbaiki dan anda tidak perlu khawatir.

Power steering ialah salah satu komponen penting mobil yang berhubungan dengan kenyamanan dan keamanan. Dalam keadaan normal tentunya tidak akan ada getaran juga bunyi yang berasal dari power steering. Untuk power steering yang menggunakan pompa biasanya terjadi bunyi atau getaran jika ada masalah dalam system power steeringnya. Gejala power steering rusak pada electric power steering akan beda lagi.

Penyebab Power Steering Berdengung Keras

Pada keadaan normal ketika anda menyalakan mobil, maka coba lah mendengar bunyi mesin mobil. Mesin mobil yang normal biasanya tidak akan terdengar bunyi berdecit atau berdengung. Namun bila ada masalah pada sistem mekanis mobil, maka suaranya akan berisik dan tidak normal.

Disarankan untuk membawa mobil ke bengkel untuk mengetahui penyebab power steering bunyi supaya tidak merembet ke komponen yang lain. Untuk itu ada baiknya kita simak artikel dibawah ini.

Periksa Oli Power Steering

periksa oli power steering secara berkala



Penyebab Power Steering Bunyi berikutnya ialah jumlah oli di dalam pompa. Periksa kondisi oli didalam container, pastikan masih dalam batas wajar dan jangan sampai habis. Tambahkan oli power steering sesuai dengan spesifikasi mobil kamu.

Kondisi dan Usia Power Steering

Seperti badan manusia, power steering juga terkendala kondisi pemakaian dan usia. Jika mobil anda sudah memiliki umur 5 tahun atau lebih atau telah menempuh lebih dari 100ribu kilometer maka kerusakan dan kebocoran selang ataupun seal rack steer bisa diharapkan.

Baca Juga : Cara Mudah Merawat Power Steering  Supaya Tidak Cepat Rusak

Anda bisa meihat jika ada rembesan oli yang berasal dari rumah rack mobil. Jangan lupa memeriksa lantai garasi atau parkiran, jika ada oli atau cairan yang menetes, segera cari dari mana asalnya. Jangan sungkan untuk jongkok atau tiduran untuk melihat kolong mobil dengan menggunakan senter yang terang.

periksa jika ada rembesan oli pada pompa power steering



Jika terdapat suara berdecit atau berdengung bisa jadi ini juga Penyebab Power Steering rusak dan perlu diperiksa. Jangan menunggu untuk segera ke bengkel power steering untuk segera diatasi kerusakan power steering mobil anda.

Kondisi Karet Boot Rack steer Sobek

Komponen ini juga sangat penting untuk diperiksa kondisinya secara berkala. Karet-karet pada boot mobil memang biasanya robek karena sudah getas dan termakan usía. Jika katret boot robek maka kotoran seperti debu, pasir dan air bisa masuk ke dalam sistema power steering yang akan mengakibatkannya rusak.

Segera ganti karet boot jika sudah robek agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Harga karet boot sangat bervariatif tergantung merk dan kualitas, namun tidak sampai menguras kantong.




Pemakaian Mobil Yang Tidak Normal

Pemakaian mobil yan tidak normal juga bisa menjadi Penyebab Power Steering Bunyi dan berdengung. Dengan berkendara ekstrem seperti offroad atau balapan bisa membuat pipa power steering bekerja ekstra keras dan membuatnya akan cepat rusak.

Baca Juga : Kenali Penyebab Power Steering Rusak, Berat dan Bunyi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *