Penyebab Piringan Rem Cakram Motor Bergelombang

Penyebab Piringan Rem Cakram Motor Bergelombang – Rem cakram motor merupakan fitur keselamatan yang mutlak dan sangat penting. Akan tetapi dilakukan tanpa sadar kebiasaan ini biasanya menjadi salah satu penyebab piringan rem cakram motor menjadi tidak rata atau bergelombang.

Keadaan rem disc brake yang bergelombang ini menjadikan bentuk pinggiran cakram tidak rata dan bagian bidang piringan yang dijepit oleh kaliper rem tidak sempurna ketika melakukan pengereman.

Jika tidak segera di perbaiki maka dapat berakibat selain tidak nyaman ketika berkendara (bergetar) ketika mengerem hal lain yang bisa terjadi ialah kecelakaan karena pengereman yang tidak sempurna.

Kondisi Cakram Rem

Pada umumnya piringan cakram yang bergelombang disebabkan oleh tidak melakukan pengantian kampas rem yang sudah tipis.

Ganti Kampas Rem Secara Berkala

Karena tapak kampas rem telah aus dan tipis ini besi dudukan kampas rem dan piringan menjadi beradu ketika direm yang menghasilkan suhu panas tinggi yang berlebih.

Selain menjadikan rem kurang pakem, efek piringan cakram bisa menjadi tidak rata atau bergelombang.

Hal lain yang menjadi penyebab rem cakram bergelombang ini karena terbentur objek lain pada saat berkendara atau saat motor terjatuh.

Jika sudah bergelombang, solusi yang paling benar ialah dengan menganti piringan rem cakram yang baru walaupun harganya cukup menguras dompet kamu.

Baca Juga : Beberapa Penyebab Oli Mesin Sering Berkurang

  • Leave a Comment