Penyebab Motor Bergetar Keras Saat Kecepatan Tinggi

penyebab motor bergetar



Pernah nggak ketika sobat sedang ngebut terus motor bergetar hebat dan akhirnya harus menurunkan kecepatan, jika ini terjadi pada mobil maka yang harus dilakukan ialah melakukan spooring dan balancing roda-roda. Nah jika terjadi pada motor maka Penyebab Motor Bergetar Keras Saat Kecepatan Tinggi sangatberbeda.

Saat RPM motor tinggi biasanya motor bergetar, dan ada beberapa sebab yang bisa menjadikan hal ini terjadi. Jika getarannya normal, maka tidak usah khawatir. Akan tetapi jika berlebihan, maka harus diwaspadai karena mungkin saja bisa terjadi kecelakaan ketika sobat sedang mengebut.

Stang motor sudah pasti langsung berhubungan dengan roda, dan kemudian ke tangan. Jika getaran yang dirasakan berlebihan maka bisa jadi akan goyang ketika sobat sedang riding. Dan Bila kondisi itu dibiarkan maka bisa beresiko untuk keselamatan si pengendara. Karena stang motor yang berat sebelah atau goyang bisa membuat jalan motor kurang stabil dan sulit untuk dikendarai.

Penyebab Motor Bergetar Keras Saat Kecepatan Tinggi
Penyebab Motor Bergetar Keras Saat Kecepatan Tinggi



Penyebab Motor Bergetar Saat Ngebut

Salah satu Penyebab Stang Motor bergetar dan Goyang mungkin sobat pernah melibas jalan berlubang dalam dan juga dulu pernah jatuh di jalan. Jika itu yang terjadi maka coba cek dulu ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan stang motor yang oblak. Untuk lebih lengkapnya simak artikel dibawah mengenai penyebab motor bergetar ini yuk :

Posisi Shockbreaker Tidak Lurus dan Presisi

Salah satu Penyebab Stang Motor Berat dan Goyang bisa jadi karena posisi suspensi yang tidak presisi dan tepat. Biasanya suspensi ini yang tidak lurus karena motor pernah jatuh, melibas jalanan berlubang dengan kecepatan tinggi dan banyak lagi.




Segitiga Dudukan Stang Kurang Pas

Segitiga dudukan stang yang kurang lurus menjadikan motor bergetar ketika RPM tinggi. Cara memperbaikinya ialah dengan meluruskan kembali kedua garpu kiri dan kanan supaya lurus. Sobat bisa membawanya ke tukang press untuk diluruskan.

Kondisi Bearing Roda Rusak

Sobat juga bisa memeriksa kondisi bearing roda yang kemungkinan rusak. Jika telah rusak harus langsung diganti. Cara memeriksanya ialah dengan membuka roda lalu dilihat kondisinya.

Komstir Oblak

Penurunan kinerja komstir karena usia pemakaian bisa menjadi penyebab motor bergetar ketika kecepatan tinggi. Pada umumnya masalah ini sering dirasakan oleh motor,  yang berakibat stang berat untuk dikendalikan juga saat jalan dengan kecepatan tinggi. Kalau ini yang terjadi maka harus diganti komstir yang baru, khususnya pada bagian mangkuk dan bola bola besinya.




Kondisi Velg yang Tidak Simetris

Periksa velg motor sobat, bisa jadi bentuknya tidak simetris alias melengkung. Jika ini yang terjadi maka cara mengeceknya ialah dengan diputar dan lihat jika ada benjolan atau bagian yang tidak normal pada velg. Untuk memperbaikinya bisa dilakukan press untuk velg racing, namun bila velg retak sebaiknya langsung ganti baru untuk mengurangi penyebab motor bergetar.

Baca Juga : Masa Kadaluarsa Ban, ini Informasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *