Penyebab Mobil Limbung, Ini Cara Mengeceknya

penyebab mobil limbung

Penyebab Mobil Limbung  – Untuk beberapa tipe mobil di pasaran, mobil limbung atau body roll merupakan masalah yang sering ditemukan. Apalagi ketika sedang mengebut di jalan tol dan mobil terasa seperti melayang .

Untuk mengecek secara manual bisa dilakukan dengan dua cara untuk mengetahui Penyebab Mobil Limbung.

Yang pertama bisa dilakukan ialah dengan pengecekan visual sendiri. Sobat bisa melihat kondisi permukaan shock absorber apakah terdapat bekas oli atau tidak. Jika kondisinya kotor dan ada bekas rembesan oli, coba lihat jika sifat rembesan yang terlihat seperti oli maka bisa dipastikan jika shock absorber sudah bocor.

Hal yang bisa dilakukan kedua ialah dengan memeriksa secara langsung, akan tetapi sobat perlu melepas shock absorber mobil terlebih dulu. Cara yang palin mudah ialah shock absorber dapat sobat tekan dengan memakai tangan, jika terasa enteng maka shock absorber ada kemungkinan bocor. Kondisi shock absorber kondisi normal, maka bisa ditekan namun tidak terlalu dalam dan keras.

Lalu apakah ada faktor lain dari shock absorber untuk tahu Penyebab Mobil Limbung?

Faktor lain dari shock absorber untuk tahu Penyebab Mobil Limbung

1. Design dan tipe mobil

Penyebab Mobil Limbung bisa juga dari desain mobil yang tinggi. Untuk mobil jenis sedan biasanya jarang dirasakan kondisi body roll yang ekstrim. Mobil tinggi seperti mini bus akan lebih berpotensi untuk menyebabkan mobil limbung. Contohnhya jika Truk bermanuver maka sobat melihat jelas jika bodynya agak miring sedikit kearah luar. Selain faktor tinggi kendaraan, faktor ground celarence juga bisa menyebabkan limbung mobil.

Walaupun tinggi body mobil standar, namun jika kalau ground clearence terlalu tinggi juga bisa menyebabkan mobil limbung (body roll). Dari sini bisa disimpulkan jika mobil berjenis SUV lebih tinggi berpotensi untuk limbung dibandingkan jenis mobil sedan.

2. Kondisi dan bentuk per

Untuk diketahui ternyata bentuk dan kondisi per juga berpengaruh besar untuk kinerja suspensi mobil. Per yang punya bentuk kecil namun panjang, punya daya redam vertikal yang sangat bagus namun goncangannya juga akan terasa lebih berat. Jenis per ini biasanya dipakai untuk kendaraan offroad yang berfungsi untuk meredam kondisi jalan yang ekstrim.

Sementara untuk per yang punya bentuk diameter lebih lebar dan pendek, biasanya akan terasa kurang empuk namun sangat baik untuk meredam guncangan.

Semoga artikel Penyebab Mobil Limbung diatas berguna.

Baca Juga : Langkah Membersihkan Radiator Mobil Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *