Penyebab Busi Motor Cepat Mati

Penyebab Busi Motor Cepat Mati – Pada keadaan normal umur rata-rata busi dapat berfungsi dengan optimal ialah sampai 8000-10.000 Km. Akan tetapi terdapat beberapa faktor yang dapat membuat busi menjadi cepat mati atau rusak.

Salah satu pemicunya ialah faktor perawatan mesin sepeda motor yang tidak berkala.

Supaya dapat terhindari, maka berikut ini ialah beberapa penyebab dari busi motor cepat rusak serta tips untuk menghindarinya.

  1. Faktor Kebocoran Kompresi Mesin

Jika ada bocor pada kompresi mesin maka dapat membuat hilangnya tekanan di silinder ruang pembakaran atau combustion chamber. Tanda utama kebocoran di kompresi mesin ialah tenaga mesin akan menjadi menurun atau ngempos yang mengakibatkan sistem pembakaran tidak berjalan maksimal dan akhirnya busi menjadi cepat mati.

Solusinya ialah kamu harus langsung membawa motor kamu ke bengkel terdekat untuk diperiksa nilai kompresi mesin dengan memakai compression tester.

2. Penyetelan Bahan Bakar Tidak Sesuai

Setelan untuk bahan bakar yang tidak pas dapat menyebabkan hisapan bensin terlalu banyak. Ini membuat sepeda motor menjadi lebih boros, dan busi juga akan cepat mati karena overflow oleh bahan bakar.

Ini dapat diperiksa dengan melihat bagian elektroda busi. Apabila bahan bakar terlalu banyak (boros), maka bagian atas busi terlihat selalu basah. Cara mengatasinya ialah segera setting ulang setelan bahan bakar motor. Masalah ini kerap ditemukan pada motor dengan sistem karburator.

3. Jalur Pengapian yang Korsleting

Penyebab Busi Motor Cepat Mati berikutnya ialah korsleting pada jalur pengapian. Tanda korsleting di jalur pengapian ini ialah motor yang ngadat atau brebet. Selain itu juga motor akan akan mati total (tidak bisa dihidupkan) setelah dicuci.

Korsleting ini selain membuat busi cepat mati, dapat menyebabkan komponen lain seperti CDI, koil dan spul juga cepat rusak.Cara untuk mengatasinya ialah memeriksa pada jalur pengapian dan cek jika ada kabel yang terbakar atau kulit kabel yang terkelupas.

4. Pasang Busi Yang Kurang Tepat

Biasanya ini disebabkan oleh keterburu-buruan. Pemasangan yang tidak pas dan terlalu longgar membuat busi menjadi cepat mati. Bisa juga karena posisi busi yang tidak pas membuat jalur baut (jalur ulir) menjadi rusak.

Walaupun terlihat mudah, akan tetapi kondisi ini dapat membuat banyak masalah pada mesin seperti tenaga motor yang ngempos, bahan bakar boros dan juga busi yang cepat rusak.

Baca Juga : Penyebab Kiprok Motor Cepat Panas

Masih Butuh Info ? Klik Artikel Terkait Yang Ada di Bawah Ini :

  • Leave a Comment