Pemicu Mesin Diesel Common Rail Susah Hidup

Penyebab Mesin Diesel Common Rail Susah Hidup – Terdapat perbedaan mendasar diantara mesin diesel yang konvensional dengan mesin diesel common rail. Perbedaan ini terkait dengan sistem mesin itu sendiri yang membuat mesin dapat menyala dan berjalan.

Mesin diesel konvensional beroperasi secara mekanikal dan mesin diesel common rail beroperasi dengan cara terkomputerisasi, hal ini spesifik untuk pengaturan supply bahan bakar ke dalam mesin.

Namun demikian, satu masalah persamaan yang mendasar diantara mesin diesel konvensional dan mesin diesel common rail ini, yaitu mesin diesel yang susah dinyalakan.

Terkait : Mengenal Arti Lampu Indikator Pada Mobil Diesel Terbaru

Untuk mesin diesel common rail, masalah mesin susah hidup ini sebenarnya mencakup banyak faktor. Mulai dari injektor, aktuator, sensor, harness, ECU dan lain-lain. Dengan cara perbaikan yang sama belum tentu akan menghasilkan hasil yang maksimal.

Salah satu cara solusi mesin diesel common rail susah hidup ini, kita perlu alat scanner yang sesuai dengan tipe kendaraannya. Tanpa menggunakan scanner maka perbaikan mesin diesel common rail ini tidak akan efektif dan akan membuat biaya menjadi besar.

Berikut adalah beberapa penyebab mesin diesel common rail susah hidup yang kerap ditemukan:

  1. Periksa Filter Bahan Bakar

Biasanya bila filter bahan bakar ini mampet maka indikator check engine lamp atau indikator water separator di dashboard akan menyala.

  1. Periksa Saluran Pipa Dan Selang Bahan Bakar

Salah satu sebab mesin diesel susah nyala juga bisa disebabkan oleh pipa dan saluran bahan bakar yang rusak atau bocor.

Jika kebocoran terjadi sebelum supply pump, maka bahan bakar akan tercampur udara luar dan membuat saluran hanya berisikan udara atau berisi udara sebagian. Ini akibatnya akan membuat bahan bakar tidak akan sampai ke injektor dan mesin diesel menjadi susah hidup.

  1. Penggunaan Bahan Bakar Solar Yang Sesuai

Pakailah bahan bakar yang sesuai dengan spek mesin, jangan menggunakan solar oplosan dan beli di sembarang tempat. Karena kualitas solar yang baik, seperti tidak tercampur air, juga mempengaruhi performa mesin.

  1. Masalah Pada Delivery Pipe (Fuel Rail)

Di dalam bagian fuel rail ini ada dua komponen utama yang tugasnya mengatur dan memantau kondisi tekanan bahan bakar sebelum di injeksikan oleh injektor. Komponen tersebut adalah Fuel rail pressure limiter dan Fuel rail pressure sensor.

Apabila kedua komponen itu mengalami kerusakan, maka ECU tidak membaca dengan benar terhadap tekanan bahan bakar yang ada didalam fuel rail.

  1. Kerusakan Pada Priming Pump

Untuk beberapa model mesin diesel common rail, masih ada yang menggunakan priming pump untuk membantu kerja supply pump yang berguna menghisap bahan bakar dari dalam fuel tank.

  1. Supply Pump Yang Bermasalah

Ada banyak penyebab kerusakan yang dapat terjadi pada supply pump. Salah satunya ialah keausan komponen yang telah lama. Hal ini membuat malfungsi sensor dan aktuator dalam bagian supply pump.

Baca Juga : Indikator di Dashboard Menyala Terus Waktunya Filter Solar Harus di Ganti

Masih Butuh Info ? Klik Artikel Terkait Yang Ada di Bawah Ini :

  • Leave a Comment