Bukan Kaleng- Kaleng, Merk Motor Ini Ternyata Asli Buatan Indonesia

Motor Buatan Indonesia – Ternyata sudah sejak lama Indonesia sudah bisa membuat motor sendiri dengan merk yang mungkin disangka buatan luar negeri. Contohnya Gesits. Sepeda motor listrik buatan anak bangsa ini direncanakan meluncur ke pasaran dalam negeri di tahun 2019. Motor buatan Indonesia telah banyak disorot belakangan ini.

Sobat pasti sudah tahu ada beberapa merk sepeda motor lokal yang telah sebelumnya berseliweran dijalanan. Namun banyak masyarakat yang menyangka motorini sebagai brand luar negeri seperti China atau India.

Berikut ini merk motor lokal yang sudah banyak melaju di jalanan Indonesia.

1. Merk Motor Viar

Motor Viar

Mungkin sudah banyak yang tahu merk Viar ini. Ini ialah salah satu Salah satu Motor Buatan Indonesia yang banyak menjual motor roda tiga untuk mengangkut barang. Banyak yang menyebut jika ini ialah buatan China, akan tetapi Viar ternyata merk asli Indonesia dan punya pabrik perakitan di Semarang.

Walaupun demikian ada komponen yang masih diimpor dari negara Taiwan. Viar masih fokus untuk penjualan motor roda tiga atau niaga, akan tetapi Viar juga merilis sepeda motor untuk adventure, motor touring, juga belakangan motor bertenaga listrik.

2. Merk Motor Happy

Motor Happy

Merk motor Happy juga sering disangka asal China, namun ini ialah asli merk motor Indonesia. Motor Happy ialah produk motor buatan PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor. Pada mulanya Cuma sebuah pabrik perakitan di Malang dan kemudian berkembang menjadi produsen motor.

Penjualan motor Happy juga focus pada motor roda tiga akan tetapi motor buatan Indonesia ini juga merilis sepeda motor trail (Happy Trail RX200) dan juga model motor sport berdesain retro (Happy Klasik CS200).

3. Merk Motor Kaisar

Motor Kaisar

PT Kaisar Motorindo Industri merupakan perusahaan yang memproduksi Motor Kaisar ini. Motor produk asli Indonesia ini banyak ditemukan di jalan dengan motor roda tiga untuk niaganya. Untuk sobat ketahui, pabrikan ini juga mengeluarkan motor roda dua Ruby V250, yang mirip dengan Harley Davidson.

4. Merk Motor Gazgas

Motor Gazgas

Namanya yang agak unik ini juga merupakan Motor Buatan Indonesia uang memiliki markas besar di Pasuruan, Jawa Timur. Pada mulanya berawal dari bengkel perakitan motor di kawasan Banyu Urip, Surabaya. Produsen motor ini merupakan salah satu produsen motor trail dan motor mini.

Motor Gazgas telah merilis beberapa tipe sepeda motor dengan kapasitas 150cc hingga 450cc. dan untuk motor trail mini, merk ini punya varian Gazgas GX 50cc, Raptor 100cc, dan Raptor Pro Series.

5. Merk Motor SOIB

Motor Soib

SOIB ialah merk asli Indonesia di yang dibuat oleh Hobby Motor. Walaupun produksi dalam negeri akan tetapi SOIB sangat kental dengan citarasa Eropa. Dikarenakan teknologi yang diadopsi ialah teknologi motor dari Perancis.

Di website resminya, Motor Buatan Indonesia SOIB ini telah merilis dua varian sepeda motor, yaitu Racer dan Adventure. Jika Racer membawa mesin 397,2cc dan mengadopsi desain klasik, maka varian Adventure ditujukan untuk sobat yang senang berpetualang.

Baca Juga : Inilah Penyebab Lampu Depan Motor Redup

  • Leave a Comment