Kiat Aman Menyetir Mobil di Kabut Asap Kebakaran Hutan

cara menyetir mobil saat kabut asap

Cara Menyetir Mobil di Kabut Asap  – Seperti kita ketahui sejumlah wilayah di Pulau Kalimantan dan Sumatera dilanda bencana Kebakaran Hutan dan Lahan hampir setiap tahunnya. Akan tetapi bagaimana jika sobat ada keperluan mendadak dan harus menyetir saat kabut asap melanda. Akibat dari bencana kabut asap akan sangat mengganggu karena asap akan masuk ke seluruh wilayah yang akhirnya akan mengurangi jarak pandang pengemudi kendaraan mobil dan motor.

Tips dan Cara Menyetir Mobil di Kabut Asap dapat dilakukan salah satunya ialah merencanakan waktu perjalanan. Jika saat sobat akan melakukan perjalanan kondisi udara tidak memungkinkan karena aspek visibilitas terganggu disarankan untuk menunda perjalanan.

Perencanaan Waktu Perjalanan

Perencanaan waktu perjalanan dapat dilakukan dengan cara memantau kapan turunnya kabut asap dan jarak pandang aman. Sobat dapat memilih waktu perjalanan ketika titik-titik asap sedang berkurang kualitasnya. Contoh, jika asap banyak yang naik saat siang hari, disarankan untuk memilih perjalanan di saat pagi hari.

Pastikan jarak pandang yang aman ketika menyetir di kabut asap

Kemudian ketika menerobos kabut asap dijalan harus melakukan cara-cara aman ketika berkendara. Pada saat masuk ke area kabut asap, lampu utama dan lampu kabut wajib dinyalakan. Namun untuk lampu hazard disarankan jangan dinyalakan, karena tidak akan tembus.

Membunyikan Klakson dan Menyalakan Lampu

Cara Menyetir Mobil di Kabut Asap berikutnya juga disarankan kepada pengendara untuk selalu membunyikan klakson kendaraan sebagai alat komunikasi setiap beberapa menit sekali. Dengan membunyikan klakson merupakan isyarat kepada pengguna jalan lainnya jika ada kendaraan dekat situ. Selain itu juga jika ada pejalan kaki, pesepeda dan lainnya juga akan awas adanya kendaraan didekatnya.

Batas Kecepatan

Terakhir yang juga penting untuk Cara Menyetir Mobil di Kabut Asap  ialah menjaga batas kecepatan berkendara. Jangan mengebut, kurangi kecepatan apalagi jika jarak pandang sangat terbatas dan sangat kurang aman untuk melaju.

Jika batas kecepatan maksimal dijalan ialah sampai 80 km/jam, namun ketika ada asap kabut kecepatan maka ideal ialah 40 km/jam atau kurang.

Baca Juga : Bagaimana Mengatasi Ban Pecah Ketika Kecepatan Tinggi di Tol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *