Jangan Malas Cek Tutup Radiator Sepeda Motor Kamu

periksa tutup radiator motor

Pemeriksaan Radiator Motor – Dengan banyaknya aktifitas kamu sudah pasti urusan memeriksa bagian motor sering terlupakan. Cairan pendingin atau radiator merupakan salah satu komponen mesin motor yang penting. Pada mesin motor sekarang ini sudah banyak ditemui di sepeda motor radiator sebagai pendingin mesin. Nah, sebagai pengendara yang bertanggung jawab jangan malas untuk memeriksa tutup radiator motor.

Pada saat musim liburan seperti Lebaran, Natal dan juga Tahun baru banyak pemotor yang menggunakan kendaraan roda dua ini untuk mencapai tujuan di kampung yang jauh.  Sudah pasti komponen motor yang penting harus mendapat perhatian, dan jangan lupa untuk periksa radiator.

Radiator OK, Kondisi Mesin Yang Prima

Radiator merupakan bagian yang harus dilakukan pemeriksaan karena tugas radiator ialah untuk mendinginkan mesin motor.  Biasanya jika terjebak kemacetan dijalan cairan radiator bisa menguap hal ini juga berlaku terhadap oli mesin.  Karena keadaan panas yang extreme pada saat perjalanan jauh, maka kondisi prima radiator akan membuat perjalanan kamu lancar.

periksa tutup radiator motor
periksa tutup radiator motor

Disarankan untuk memperhatikan tutup radiator yang umumnya menjadi salah satu sumber masalah. terkadang karena umur pemakaian yang sudah terlalu lama sekali maka secara tdak langsung tutup radiator bisa saja membuang cairan radiator secara berlebihan.

Fungsi tutup radiator selain menutup tangki air, tutup radiator ini juga dapat menyedot cairan. Akan tetapi karena bermasalah seperti bocor, fungsi ini malah bisa membuang dan mengurangi air radiator di motor. Maka akan mengakibatkan berkurangnya air radiator. Umumnya hal ini terjadi di motor yang telah berumur sekitar satu sampai tiga tahun.

Karat dalam tutup radiator

Salah satu jalan keluar ialah pemilik sepeda motor harus melakukan pemeriksaan dan mengecek sebelum berkendara menempuh perjalanan yang jauh menuju kampung halaman. Apabila  melihat kondisi tutup radiator yang telah bermasalah, seperti karat di dalam, atau karet yang terkelupas maka jangan tunggu untuk mengganti tutup radiator motor segera.

Segera melipir ke bengkel terdekat dan langsung minta untuk diganti. Ukuran tutup radiator motor bisa di pastikan semua sama diameternya, jadi kamu nggak usah khawatir untuk kesulitan. Hal yang penting juga ialah jangan lupa untuk menambahkan air radiatornya jika sudah berkurang.

Semoga artikel cara memeriksa radiator motor diatas berguna untuk kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat untuk kamu atau kerabat ya!

Semoga berguna kawan!

Baca Juga : Cara Periksa Mesin Motor Matic Bekas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *