Jangan Gunakan Oli Bekas pada Rantai Motor Ini yang Akan Terjadi

mengganti rantai motor

Mengganti Rantai Motor – Rantai motor merupakan salah satu part penting dalam berkendara. Usia pemakaian rantai sepeda motor biasanya akan lebih pendek jika sering kena air juga debu. Apalagi kalau tidak ada perawatan tepat yang diberikan.

Air mampu membuat rantai sepeda motor menjadi karatan (korosi) dan debu bisa membuat rantai motor kamu akan cepat kendur. KEdua hal tersebut merupakan “musuh” yang harus kamu hindari untuk merawat sepeda motor.

Salah satu cara merawat rantai yang paling mudah untuk mencegah hal tersebut diatas terjadi  ialah dengan cara melumasi rantai motor dengan pelumas rantai yang sesuai. Akan tetapi banyak pengendara atau bengkel service motor lebih memilih untuk memakai oli mesin bekas untuk melumasi rantai. Hal ini akan membuat rantai motor kamu akan cepat kendur.

JIka kamu memakai oli bekas itu sangat tidak disarankan  hal ini dapat membuat rantai motor lebih cepat kendur dan melar. Hal yang tepat ialah menggunakan pelumas rantai dan hindari penggunaan oli bekas untuk merawat rantai motor.

mengganti rantai motor
merawat dan mengganti rantai motor

Menggunakan oli bekas juga bisa membuat komponen rantai motor cepat rusak. Dan akan lebih baik jika pemilik kendaraan menghindari untuk menggunakan oli bekas.

Kapan waktu terbaik mengganti Rantai Motor?

Cara merawat rantai kadang telah dilakukan, akan tetapi ada saatnya rantai motor diganti. Pemakaian yang secara terus menerus pastinya akan mengurangi umur dari suatu komponen motor. Salah satunya ialah rantai motor, ada saatnya rantai motor harus diganti.

Supaya kamu tidak selalu berpatokan pada odometer motor dan juga waktu pemakaian, kamu harus mengetahui dan kenal dengan ciri-ciri ketika rantai atau gear harus diganti.

Salah satu ciri rantai motor harus diganti ialah pertama rantai sudah kendur dan sukar disetel kembali ketegangannya. Dan jika dapat disetel kembali, maka itu harus dengan cara memotong rantai. Hal ini bisa dilakukan namun hanya untuk darurat saja.  Selanjutnya, lengkungan mata rantai belakang sudah terlihat lancip atau aus.

Selain itu rantai motor juga sudah berkarat serta gampang digoyang-goyang.

Melakukan perawatan dan mengganti rantai motor merupakan hal rutin yang bisa dilakukan untuk merawat motor kamu. Jangan sampai rantai motor kamu putus ditengah jalan dan mengganggu perjalanan.

Semoga artikel cara mengganti rantai motor dan mengganti rantai motor diatas berguna. Terimakasi telah berkunjung ke otodomain.com, jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa berguna untuk kamu atau pun kerabat terdekat.

 

Baca Juga : Tips dan Trik Bersihkan Filter Udara Motor Kalau Dibiarkan Kotor Boros Bensin

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *