Honda Pitung C70, Bebek Lawas yang Mahal

Motor bebek honda Pitung ini mempunyai nama lain yaitu honda super cub dengan tampilan retro yang tidak kalah dengan motor keluaran paling baru.

Siapa yang menyangka jika Honda Pitung C70 ini merupakan salah satu motor bebek lawas dengan harga selangit. Motor spesial ini merupakan collectible item keluaran pabrikan Honda yang pernah populer di tahun 70an.

Sebagai informasi, motor ini juga pernah tercatat sebagai motor bebek honda yang merajai penjualan didunia. Pada tahun 2014 yang lalu Super Cub ini telah diproduksi tidak kurang dari 87 juta unit di seluruh penjuru dunia.

Artikel Terkait : Perkiraan Biaya Modifikasi Motor Retro Yang Nggak Mahal

Berasal Dari Bahasa Jawa “Pitung Puluh”

Di Negara khatulistiwa sendiri, motor bebek Honda yang paling populer ialah C70 dan mulai diproduksi pada tahun 1971. Di Ibukota Jakarta, C70 diberi nama Honda “Pitung”.

Julukan tersebut mempunyai alasan yang kuat, beberapa sumber menyatakan jika nama tersebut ialah sebuah plesetan dari bahasa Jawa “pitung puluh” yang berarti tujuh puluh.

honda pitung c70
honda pitung c70

Pada dasarnya terdapat banyak varian dari Honda C series ini. Yaitu seri C50, C80, C90, C100, C100EX, C125, dan juga masih banyak lagi lainnya. Namun, yang paling favorit di Indonesia ialah Honda Cub C70.

Untuk urusan mesinnya juga beragam, disesuaikan dengan tipe motornya. Motor klasik ini ada yang mempunyai mesin ukuran 49cc sampai 124cc. Sampai saat ini motor bebek pitung ini masih banyak dicari.

Karena semakin banyak yang mencari motor bebek Honda ini, maka pabrikan asal Jepang ini kembali meluncurkan Super Cub series, seperti C110 dan C125.

Keduanya telah dibekali dengan sistem pembakaran injeksi yang nenpunyai beberapa fitur modern. Teknologi keyless dan lampu LED juga turut disematkan. Harga jual motor bebek Honda C70 pitung ini dibanderol antara Rp 4 juta sampai Rp 10 jutaan, tergantung dari kondisinya.

Apalagi dengan banyaknya peminat motor bebek lawas orisinil maka banyak juga orang yang mencari C70 untuk direparasi ulang. Walaupun telah melewati beberapa zaman namun suku cadang honda pitung ini masih cukup gampang untuk ditemukan di pasaran.

Baca Juga : Demen Yang Klasik? Inilah Pilihan Motor Retro Klasik Terbaru

Masih Butuh Info ? Klik Artikel Terkait Yang Ada di Bawah Ini :

  • Leave a Comment