Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membeli Mobil Bekas

periksa sebelum membeli mobil bekas

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membeli Mobil Bekas – Kendaraan pribadi baik motor atau mobil sudah menjadi kebutuhan masyarakat sekarang ini. Jika pemerintah belum bisa menyediakan transportasi umum yang memadai dan mudah di akses bagi seluruh masyarakat maka kendaraan pribadi akan terus menjadi pilihan.

Mobil atau motor baru sudah pasti harganya mahal. Tidak semua lapisan masyarakat mampu membeli kendaraan baru apalagi dengan kondisi eknonomi sekarang ini. Oleh karena itu Membeli mobil bekas yang layak pakai menjadi pilihan terbaik. Akan tetapi sebelum kamu membeli mobil bekas, maka kamu  perlu melakukan pemeriksaan terhadap kondisi mobil dengan seksama.

Tujuan dari pemeriksaan kondisi mobil bekas tentunya demi mendapatkan kondisi  mobil yang baik, nyaman dan sedikit pekerjaan rumah.

Simak tips dari otodomain.com mengenai tips melakukan pengecekan mobil bekas sebelum membeli.

periksa sebelum membeli mobil bekas
periksa sebelum membeli mobil bekas

1. Periksa Bodi Dan Sasis

Salah satu tips mengindikasikan jika mobil telah terjadi tabrakan atau kecelakaan ialah dengan cara memeriksa bagian bodi dan sasis mobil. Periksa pada bagian depan mobil seperti kap mesin, tiang support radiator juga kaki-kaki. Periksa jika ada bekas dempulan atau pekerjaan pengelasan.

Kamu juga bisa cek bagian bodi lain seperti pintu-pintu mobil samping, bila kamu menemukan bekas perbaikan atau pernah diganti, maka mobil tersebut mungkin pernah tabrakan/kecelakaan.

2. Cek Kondisi Mesin

Perhatikan mesin apakah sudah pernah turun mesin atau belum dengan cara melihat bila ada penggantian-penggantian pada blok mesin atau seal nya. Kamu juga bisa deteksi dari suara mesin mobil yang biasanya terdengar agak kasar dan juga cenderung banyak getaran. Periksa juga bila di bagian kolong mobil terdapat kondisi kebocoran oli atau tidak.

3. Cek Kelistrikan

Kelistrikan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil bekas. Perhatkanlah seluruh komponen kelistrikan, seperti lampu-lampu, AC, power window,  dan lain-lainnya. Jika komponen-komponen tersebut masih bekerja dengan baik maka besar kemungkinan sistem kelistrikan mobil itu masih normal.

Nyalakan mobil dan juga semua bagian yang berhubungan dengan kelistrikan seperti menghidupkan AC, lampu-lampu, audio, dan komponen lainnya. Bila terjadi perubahan yang kurang normal seperti terang sinar lampu yang kurang, klakson yang kurang nyaring, lampu sen yang tidak menyala maka system listrik mobil ada yang salah .

4. Bekas terkena Banjir

Jika mobil pernah terendam banjir, maka cara mengindikasi mobil yang pernah terendam banjir ialah dengan cara membuka karpet-karpet yang ada di dalam mobil. Apabila ditemukan bekas lumpur yang ada di lantai mobil maka bisa jadi mobil pernah terendam banjir.

Periksa juga bagian baut-baut penyangga jok mobil jika terdapat karat atau tidak. Bagian bawah sela-sela mesin mobil yang pernah terendam banjir juga sulit terjangkau ketika dibersihkan umumnya terdapat bekas lumpur banjir.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Periksa Kesehatan Aki Mobil

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *