Gejala Fuel Pump Lemah Pada Motor

Gejala Fuel Pump Lemah Pada Motor – Fuel pump atau pompa bensin pada motor injeksi menjadi bagian yang vital, tugas utamanya ialah menyalurkan bensin dari tanki ke injektor selain itu fuel pump juga berfungsi menjaga tekanan bensin agar tetap tinggi ke dalam mesin.

Jika ada kerusakan pompa yaitu seperti tekanan bensin yang lemah pastinya akan mempengaruhi kinerja mesin secara total.

Selain itu juga jika pompa sudah benar-benar mati, mesin tidak bisa lagi dapat distarter. Oleh karena itu, sebelum fuel pump bermasalah, sobt perlu mengantisipasinya yaitu dengan ganti fuel pump dengan yang baru.

Terus apa saja sih gejala fuel pump motor yang sudah lemah? Simak artikel dibawah ini yuk.

1. Mesin Motor sulit dinyalakan

Motor susah nyala, gejala fuel pump lemah

Gejala Fuel Pump Lemah Pada Motor yang harus diketahui pertama ialah motor susah dihidupkan. Fuel pump bertugas untuk menjaga tekanan bensin supaya tetap stabil pada tekanan tertentu. Jika pompa melemah, maka tekanan bensin bisa melambat tekanannya dan mesin tidak bisa hidup dengan skali start, bahkan bisa berkali-kali.

Sesudah mesin motor hidup, masalah lainnya juga akan muncul. Ketika gas dinyalakan, mesin akan terasa brebet dikarenakan kurangnya asupan bensin. Bahkan jika digas spontan akan menjadikan mesin mati. Ini ialah salah satu gejala kuat fuel pump sudah melemah.

2. Suara dengungan fuel pump lemah

JIka kunci kontak di posisi ON, maka biasanya terdengar bunyi dengungan selama sepersekian detik yang bunyinya berasal dari tanki bensin. Jika fuel pump lemah maka bunyi dengungan itu juga akan berkurang. Sobat yang telah terbiasa menyalakan motor, pasti akan merasakan bedanya.

3. Lampu Indikator cek engine menyala

Gejala Fuel Pump motor Lemah yang terakhir ialah lampu cek engine yang menyala. Jika kedipan lampu cek engine ini disertai dengan dua gejala yang ada diatas, maka ini bisa dipastikan fuel pump lemah dan perlu diservice.

Untuk mengetestnya, maka harus dilakukan test tekanan bensin dengan menggunakan fuel pressure gauge. Alat ini biasanya akan dipasangkan pada selang yang masuk ke injector motor, jika fuel pump dinyalakan maka tekanannya akan terbaca. Seperti misalnya pada Honda CB150R yang punya tekanan standar 43 PSI, bila terdeteksi kurang dari 43 maka itu sudah dipastikan fuel pump lemah.

Solusi apa yang bisa dilakukan jika fuel pump lemah?

Untuk pastinya sobat harus mengganti satu set pompa bensin motor yaitu termasuk motor pompa, fuel level gauge, IC kontrol dan saringan pompa.

Apakah bisa jika hanya diganti bagian part yang rusak saja ?

Bila terdapat komponen penggantinya maka tidak ada masalah, yang terpenting jangan dicampur menggunakan bagian part dari fuel pump yang lain. Hal ini akan membuat kinerja pompa bensin motor menjadi tidak akurat dan bisa menjadikan masalah baru pada mesin motor sobat. Semoga artikel Gejala Fuel Pump Lemah Pada Motor diatas bisa berguna.

Baca Juga : Penyebab Motor Bergetar Keras Saat Kecepatan Tinggi

  • Leave a Comment