Fakta Menarik Tentang Mobil Listrik

fakta mobil istrik

Untuk diketahui mobil listrik bukan merupakan barang baru di dunia otomotif. Teknologi ini telah ditemukan dari sejak tahun 1900 an. Akan tetapi popularitas mobil ini sempat turun sekitar tahun 1970-an dan 1980-an. Yang menyebabkannya ialah karena teknologi pembakaran mesin pada mobil konvensional terasa semakin maju dan harga kendaraan dengan bahan bakar bensin menjadi lebih terjangkau.

Pada tahun 2000-an ketika harga minyak bumi melambung tinggi, dan polusi udara dari kendaraan bermesin konvensional semakin meningkat drastis, menjadikan kendaraan mobil listrik mulai kembali dilirik sebagai solusi dari hal diatas. Dari sekitar tahun 2011, produsen-produsen mobil ternama seperti Mitsubishi, Nissan, Tesla, dan Renault memulai produksi kendaraan dengan menggunakan bahan bakar energi listrik secara massal dan juga mulai menjualnya secara komersial untuk konsumen.

Fakta Tentang Mobil Listrik di atas pastinya membuat sobat penasaran untuk tahu lebih dalam tentang teknologi ramah lingkungan ini. Untuk itu simak dibawah ini tentang fakta mobil listrik berikut ini.

Mobil Listrik Honda E

1. Faktor Efisiensi Energi

Fakta mobil listrik yang pertama ialah ketika mengenai sistem pengereman. Setiap kendaraan pasti akan menciptakan energi baru. Pada mobil konvensional, energi tersebut terbuang bersama dengan gas yang dihasilkan sistem pembakaran bensin. Sedangkan pada mobil listrik, energi dari getaran akibat pengereman tersebut ditangkap dan disimpan ke dalam baterai sehingga terjadi penambahan daya.

Hal diatas menunjukkan bahwa kendaraan listrik jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan kendaraan konvensional berbahan bakar bensin. Meskipun mungkin harga jual mobil listrik lebih mahal, tetapi efisiensi energi ini membuat mobil ini jauh lebih hemat daripada kendaraan konvensional.

2. Energi Listrik Mudah Didapatkan

Penggunaan bahan bakar utama mobil ini ialah listrik yang sangat mudah didapatkan dan dihasilkan. Untuk menghasilkan energi tersebut, kita hanya membutuhkan generator dan tenaga pembangkit seperti uap, air, angin, atau nuklir. Dibandingkan bensin, hal ini jelas jauh lebih efektif.

Dan untuk mendapatkan bahan bakar bensin, kita harus melakukan pengeboran dan eksploitasi minyak dari perut bumi. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, minyak bumi akan semakin langka dan harganya pun semakin melambung tinggi.

3. Teknologi yang Ramah Lingkungan

Teknologi ini sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan gas buang, mobil listrik seringkali dianggap sebagai kendaraan yang ramah lingkungan. Mobil jenis ini memang dirancang untuk menyerap energi yang ditimbulkan setiap aktivitas kendaraan sehingga hampir tidak ada yang terbuang sia-sia.

Jadi bisa dibayangkan, betapa bersihnya udara di sekitar kita jika semua orang menggunakan kendaraan listrik. Tidak ada lagi asap kendaraan beracun yang dapat merusak kesehatan dan mencemari udara.

Nah, diatas itulah beberapa fakta mobil listrik yang harus sobat ketahui, menarik bukan?

Baca Juga : Cara dan Kiat Hilangkan Bunyi Pada Fan Belt Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *