Di Mata Pedagang Mobil Bekas, Pilih Mana Mobil China atau Bukan?

Mobil China Bekas –  Seperti kita ketahui Mobil Cina banyak di temui di jalanan, khususnya di Jabodetabek. Dengan fitur yang tidak kalah menarik dengan mobil-mobil Jepang, Korea, Amerika dan Eropa mobil Cina mempunyai daya tariknya tersendiri. Akan tetapi masih banyak yang meragukan mengenai kualitas mobil Cina, apalagi ketika akan dijual kembali

Wuling yang masih terbilang baru masuk pasar Indonesia menyasar pasar mobil keluarga dengan kelas MPV dan menjadi pesaing  mobil MPV yang telah lama ada. Walaupun baru mempunyai 2 model mobil yaitu Cortez dan Confero akan tetapi sudah membuat para produsen mobil lama cukup tersaingi dikarenakan harganya yang jauh lebih murah.

Citra Produk Cina yang Kurang Baik

Seperti ditulis otosia.com Mobil Cina harus bekerja keras untuk merubah citra produk China yang telah ada sebelumnya. Seperti di ucapkan oleh Totok Hermanto dari Tunas Mandiri Mobilindo seorang pedagang mobil second.

mobil cina bekas
mobil bekas / liputan6.com

“Banyak pembeli yang lebih memilih mobil Jepang dan Eropa karena daya tahan, mesin yang tangguh, purna-jual, spare parts. Untuk mobil China agak sulit,” katanya.

Masih menurutnya, usaha untuk memperbanyak diler dan bengkel mobil juga menjadi bagian dari langkah industri mobil Wuling merebut kepercayaan pasar di Tanah Air.

Akan tetapi, kebutuhan yang mendasar diharapkannya juga harus dipenuhi, yaitu bukan hanya dealer, tetapi yang sudah paket komplet dengan servis dan suku cadang.

“Dealer mobil mungkin banyak, namun belum 3S (sales, service, spare parts).  service dan spare parts nya agak kurang mendukung, hal ini beda dengan mobil Jepang yang sudah soild di Indonesia,” ucapnya.

Untuk perbandingan, dia menilai jika lebih dari setengah total pasar mobil bekas yang ada selama ini masih berujung pada penjulan mobil Jepang saja. Sisanya baru dibagi dan itu termasuk untuk produk mobil China.

Menurutnya Pangsa pasar mobil produksi Jepang masih sekitar di atas 50 persen an. Sisanya dibagi ke mobil Eropa, Korea, China.

Baca Juga : SUV Terbaru Wuling Baojun Mirip Xpander, Intip Berapa Harganya?

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *