Cara dan Kiat Hilangkan Bunyi Pada Fan Belt Mobil

cara menghilangkan bunyi pada fan belt mobil

Cara menghilangkan bunyi pada fan belt mobil  –  Pernahkah kamu mengalami kejadian ketika menyalakan mesin kemudian terdapat suara berdecit pada saat mobil berjalan? Jika kamu pernah maka mungkin kamu tahu bahwa itu ialah suara Fan belt yang merupakan karet kipas pendingin mesin mobil.

Fan belt itu terbuat dari campuran dari bahan imitasi karet dan baja. Fungsi dari Fan belt itu ialah berfungsi untuk pemutar berbagai komponen yang ada di mesin mobil kamu. Seperti komponen pompa oli, alternator, sampai kompresor AC. Maka jika fan belt mobil putus atau masalah maka bisa dipastikan mobil kamu akan mogok .

Berapa lama umur Fan Belt Mobil

Pertanyaan ini pastinya banyak diungkapkan, untuk kamu ketahui jika umur fan belt ini termasuk dalam fast moving parts atau terhitung singkat. Hal ini dikarenakan posisinya yang terbuka dan langsung berhubungan dengan engine pully. Pada kesehariannya, bagian ini selalu terkena langsung dari efek berkendara seperti air, pasir, debu, lumpur bahkan oli mobil itu sendiri.

cara menghilangkan bunyi pada fan belt mobil

Suara berdecit pada mobil saat berjalan biasanya disebut sebagai bell dressing. Kondisi Pully yang kering karena terekspos berbagai kotoran tadi menjadikan karet fan belt tidak bisa maksimal dalam memutar pully ketika mesin mobil menyala.

Lalu bagaimana cara menghilangkan bunyi pada fan belt mobil yang mudah tanpa harus ke bengkel? Salah satu kiat untuk mengatasinya ialah harus memeriksa setelan fan belt dan juga atau kondisimnya. Harga fan belt mobil tidaklah terlalu mahal, apalagi jika dibandingkan dengan fungsinya yang sangat penting untuk mobil kamu, karena Jika karet belt telah getas dan pecah-pecah maka harus segera diganti.



Akan tetapi jika hanya untuk sementara kamu bisa mencoba cara mudah dibawah ini untuk menghilangkan bunyi cit cit pada mobil saat jalan.

Cairan Fan Belt

Cairan belt ini sangat Praktis, aman, dan juga bersih. Cairan khusus untuk fan belt mobil ini banyak dijual di toko aksesori atau supermarket juga online. Caranya dengan menghidupkan mesin, lalu biarkan sampai stasioner, setelah itu semprotkan cairan  khusus ini pada belt yang sedang berdecit sampai bunyi cit cit nya hilang.

Minyak Pelumas Atau Gemuk (Grease)

Cara hilangkan bunyi berdecit pada mobil selanjutnya ialah denga pelumas atau Grease. Yang harus diperhatikan ialah Jangan sampai berlebihan mengaplikasikannya, karena jika terlalu banyak maka bisa selip dan menjadikannya makin berisik.

Gunakan Air Sabun

Berikutnya Cara paling mudah dan murah ialah dengan cara menyemprotkan air saben pada belt yang bunyi. Ini hanya solusi sementara dan mudah. Sebaiknya langsung ke bengkel agar aman.

Baca Juga :

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *