Begini Caranya Membuat Sumber Arus DC Tanpa Memakai Aki Motor

cdi motor

Cara Merubah Sumber Arus DC di Motor – Banyak riders yang sering menemukan masalah pada CDI motornya. Kali ini otodomain.com akan membagikan cara bagaimana cara membuat jalur kabel atau kelistrikan dengan sistem DC untuk motor kamu. Umumnya pabrikan motor yang ada telah memakai system pengapian dc akan tetapi jalurnya langsung berhubungan dengan aki/accu. Hal ini menjadikan aki motor kamu cepat habis dan motor biasanya akan langsung mogok.

Lalu apakah ada solusi dan cara yang mudah untuk menghindari hal tersebut diatas?

Cara Membuat Sumber Arus DC Tanpa memakai  Aki Motor akan dijeaskan dibawah ini. Seperti kita ketahui, pengapian dc adalah system pengapian motor jenis shogun 110 cc yang sudah tidak beredar lagi. Jenis motor ini sendiri memakai cdi dc dan waktu itu sangat populer pada jamannya.

Akan tetapi dikarenakan mengambil arus aki secara langsung, maka ketika aki habis, maka motor juga akan mogok. Salah satu cara nya ialah dengan mengubah sumber arus yang digunakan untuk pengapian tidak menggunakan aki akan tetapi di ubah dari spul atau magneto motor itu sendiri. Simak yuk tipsnya dibawah ini.

cdi motor
cdi motor

Kiat Membuat Sumber Arus DC Untuk Motor Tanpa Aki

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa arus listrik yang ada dari spull itu ialah arus bolak balik atau lebih dikenal dengan arus AC. Pakailah osiloscope untuk lebih jelasnya, maka akan keluar grafik gelombang turun dan naik atau positif dan negatif yang akan membentuk gelombang sinus.

Dalam hal ini kita akan memanfaatkan arus listrik yang bermula dari komponel spul motor tersebut untuk kebutuhan arus listrik pengapian CDI DC. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara memutus gelombang sinus yang ada menjadi setengah gelombang.

Anda yang paham dengan masalah ini pasti mengerti,  ketika kita memutus gelombang maka yang terjadi ialah setengah gelombang atau yang biasa dikenal juga sebagai arus satu arah.

Apa bila telah menjadi searah, maka selanjutnya kita membutuhkan alat yang sebut sebagai dioda bridge atau dalam dunia motor juga dikenal sebagai kiprok. Pada saat arus yang berasal dari spul motor  tersebut melewati kiprok, maka arus tersebut akan dirubah menjadi aliran listrik DC. Pada motor lawas seperti motor CB dan GL biasanya kabel spul yang ada terdiri atas beberapa warna. Bisa dilihat sebagai berikut :

  • kabel putih sebagai jalur pengisian
  • kabel kuning sebagai jalur lampu
  • kabel hijau sebagai massa atau ground
  • kebel merah-hitam sebagai jaur pengapian AC atau spull

Dari keterangan diatas jika kamu telah bisa membedakan kabel-kabel tersebut maka untuk memakai CDI DC jalur kabel hitam merah tadi bisa di potong. Kamu cukup anda memakai 3 kabel yang tersisa. Untuk kabel putih langsung masuk ke kiprok dan juga dipasangkan dengan kabel putih. Kabel kuning juga di sambungkan dengan kabel kuning di kiprok. Untuk kabel hijau kiprok dan spul bisa disatukan kemudian dibaut pada rangka motor gunanya sebagai massa.

Sebagai finishing, kabel merah pada kiprok inilah yang kemudian bisa disambung langsung ke CDI. Jika pemasangannya benar, maka kabel tersebut akan langsung memberikan arus listrik ke CDI dan tidak perlu lagi memakai aki motor.

 

Baca Juga : Mengapa DOT di Minyak Rem Berbeda? Ini Penjelasannya..

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *