Apa Yang Dimaksud Dengan  “JDM”

Honda Civic JDM

Berseliweran di internet mengenai JDM, tapi kamu masih bingung apa sih JDM itu? Masih banyak yang salah paham dengan arti JDM.  Bahkan ada juga yang bilang dengan mobil produksi jepang, dengan memakai velg sedang seperti ring 16 dan sudah dibilang “JDM”.

Istilah JDM kependekan dari Japan Domestic Market  atau yang berarti “pasar lokal Jepang”. Dimana artinya perlengkapan standard sebuah mobil buatan Jepang ini hanya dibuat dan Cuma dijual di Jepang saja.

Dengan standar yang tinggi, maka biasanya fitur mobil JDM lebih lengkap dari Negara lainnya dengan jenis mobil yang sama. Hal ini dikarenakan pasar lokal sangat dimanjakan oleh produsen walaupun volume penjualan tidak sebanyak jika dibandingkan dengan diluar Jepang.

Awal Mula Istilah JDM

Pada mulanya istilah JDM dibuat oleh para pemerhati otomotif Amerika yang melihat banyaknya perbedaan spesifikasi mobil di Jepang dengan yang ada di Amerika (USDM – United States Domestic Market). Spesifikasi mobil Jepang yang ada di Amerika mempunyai fitur yang lebih rendah dari mobi l yang beredar di Jepang. Sedangkan di Eropa sendiri istilah JDM tidak terlalu populer karena spesifikasi kendaraan disana tidak terlalu terpaut jauh dengan yang ada di Jepang. Selain itu juga negara eropa memiliki right hand steering yang sama seperti di Jepang.

Honda Civic JDM
Honda Civic JDM/instagram

Dulu istilah JDM banyak dikaitkan pada spesifikasi mesin mobil. Namun sekitar sejak tahun 70-an, setiap mobil jepang yang dipasarkan di Amerika biasnanya mengalami specdown pada mesin. Hal ini merupakan perubahan atas kebijakan oleh pemerintah Amerika yang menetapkan batas emisi ketat untuk kendaraan yang akan masuk ke negeri Paman Sam tersebut. Semakin lama istilah JDM pun ikut merambah ke berbagai kelengkapan fitur mobil secara keseluruhan (interior, eksterior, audio, velg).

Dikarenakan kurangnya informasi banyak sekali pemerhati otomotif yang salah dalam mengartikan istilah JDM. Umumnya yang ditemui ialah pemakaian istilah JDM untuk produk buatan tuner Jepang. Seperti misalnya Mugen ialah tuner resmi Honda. Dulu Mugen Cuma mempunyai kantor di Jepang, pada perkembangannya Mugen membuka kantor perwakilan di berbagai Negara dan produk turunan Mugen dengan mudah ditemui di dealer resmi.

Aliran Modifikasi

Dengan berkembangnya zaman dan trend mobil maka JDM berubah menjadi salah satu aliran modifikasi. Mobil-mobil produksi Jepang dimodifikasi dengan mengadopsi parts JDM. Akan tetapi karena sulit dan mahalnya biaya yang dibutuhkan untuk memperoleh parts JDM, maka munculah banyak aliran JDM, apalagi di Indonesia. Diantara style modifikasi JDM di Indonesia ialah pure JDM, OEM JDM, dan JDM style.

Merek aksesoris mobil seperti Spoon sports, tanabe, cusco, enkei, dan semua merk tuner jepang ternama tidak dapat disebut sebagai JDM walaupun beberapa diantara aksesoris itu Cuma dapat diberli di Jepang. Ini karena mereka bukan produsen OEM. Tepatnya bisa disebut sebagai Japanese Racing Style atau Japs racing style. Istilah Japs racing style lebih kental dengan street racing. Salah satu cirinya ialah mobil yang di modif masih nyaman untuk dipakai harian selain itu juga bentuk bodi mobil yang masih standard dan tidak berubah.

Baca Juga : Harga Mobil Expander Lengkap Terbaru

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *