Apa Itu Aquaplaning?

Apa Itu Aquaplaning -Berhati-hatilah jika saat musim hujan tiba dengan kondisi jalan yang tergenang air dan juga kondisi ban yang tidak baru lagi. Sering kita melihat adanya kecelakaan ketika mobil atau motor melaju dalam kecepatan tinggi, tiba-tiba selip dan tergelincir.

Aquaplaning ialah kondisi terbentuknya lapisan air yang terjadi antara ban mobil dengan permukaan jalan. Pada kondisi ini biasanya terjadi pada musim hujan dimana banyak genangan karena sisa-sisa air hujan.

Akan tetapi kondisi ini juga dapat terjadi karena adanya tumpahan air atau cairan yang bisa berasal dari kendaraan lain yang lewat.

Ketika mobil mengalami Aquaplaning, kamu akan kehilangan kontrol atas kendaraan karena lemahnya traksi. Selain itu juga kamu akan sulit untuk mengerem mobil dan ini yang meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan supaya dapat mengurangi peluang terjadinya aquaplaning mobil dan mengakibatkan kecelakaan? Simak tips cara menghindari aquaplaning berikut ini:

  • Jangan panik, tetap tenang dan konsentrasi.
  • Hindari menginjak pedal gas ataupun rem. Segera lepas semua pedal secara perlahan.
  • Jangan putar setir secara cepat. Ikuti saja arah pergerakan mobil sampai kamu mendapatkan kembali kontrol mobil.
  • Saat kamu telah mulai mendapatkan kontrol atas kendaraan, segera tekan pedal rem secara perlahan supaya kecepatan mobil berkurang.
  • Jika terjadi aquaplaning yang menjadi fokusnya ialah tidak melakukan gerakan yang spontan.

Akan tetapi banyak pengendara yang tidak mengetahui cara ini dan panik ketika mengalaminya sehingga langsung menekan pedal rem dan memutar kemudi secara bersamaan. Padahal tindakan yang demikian itu benar-benar berbahaya, apalagi bila aquaplaning diakibatkan akibat karena cairan licin seperti minyak yang tumpah.

Ada baiknya untuk menghindari aquaplaning mobil, kamu harus melakukan tindakan pencegahan seperti dibawah ini:

  • Periksalah kondisi ban sebelum perjalanan dimulai. Kondisi ban yang baik akan mencegah kemungkinan terjadinya aquaplaning.
  • Ketika terjadi genangan air, segera kurangi kecepatan jangan langsung diterabas saja. Apalagi ketika berada dijalan tol.
  • Segera batasi laju kendaraan kamu, apalagi bila bobot kendaraan termasuk ringan.

Lalu apa cukup hanya itu saja yang perlu dilakukan? Tentu tidak.

Kamu juga harus rutin melakukan pemeliharaan kendaraan mobil seperti memeriksa komponen mobil dan juga mengemudi dengan hati-hati.

Nah lain kali jika sedang berkendara dalam kecepatan tinggi dan tiba-tiba hujan, maka kamu harus segera menurunkan kecepatan kamu supaya aman dan sampai tujuan dengan selamat.

Baca Juga : Rencana Beli Mobil Bekas Harga Rp 50-60 juta? Ini Dia Pilihannya

  • Leave a Comment