Alternator mobil bermasalah? Cari Tahu Penyebabnya Disini.

Alternator mobil (dinamo ampere mobil) ialah bagian komponen mobil yang berfungsi untuk mengisi aki mobil. Oleh karena itu supaya masalah alternator mobil terhindari maka komponen ini juga perlu dirawat.

Banyak pengguna mobil yang kurang perhatian untuk melakukan perawatan atau sama sekali tidak peduli. Padahal alternator mobil ini merupakan salah satu spare parts penting mobil yang punya fungsi sebagai penyuplai arus listrik ke bagian aki (accu) dan merupakan sumber kelistrikan utama pada kendaraan.

Nah bila terjadi gangguan pada alternator ini maka aki akan rusak dan mobil kamu pasti susah ketika di starter.

Baca Juga : Pilih Mana Aki Basah Atau Aki Kering?

Tanda-Tanda Kerusakan Alternator Mobil

Masa pakai alternator ini umumnya sekitar 5 tahun tergantung kondisi pemakaian. Supaya tidak terjadi kerusakan yang parah maka kamu juga harus tahu tanda-tanda kerusakan pada alternator.

Berikut ialah tanda dinamo ampere mobil rusak :

  1. Bunyi pada Alternator yang keras. Penyebabnya biasanay bersumber pada diode rectifier alternator yang putus atau mengalami kerusakan.
  2. Lampu indikator aki menyala di dashboard. Ketika starter mobil, lampu indikator ini menyala dan menandakan bila alternator sudah tidak mengalirkan arus listrik secara optimal.
  3. Bila aki baru yang telah dipasang masih tidak kuat untuk starter mobil, maka hal ini biasanya tanda jika tegangan output pada bagian alternator tersebut telah berkurang.
  4. Overcast atau overcharge. Ini merupakan kelebihan pasokan listrik dan biasanya membuat alternator lebih cepat rusak.
  5. Suplai listrik dalam alternator tidak boleh melebihi 15 volt.

Berikut ialah penyebab alternator mobil rusak, yaitu:

  • Proses pemasangan alat elektronik dengan beban yang besar
  • Dioda rectifier yang ada pada alternator tersebut putus dengan IC regulator, akibatnya arus yang akan diberikan dan dihasilkan oleh alternator ini menjadi berkurang
  • Penggunaan cut of pada bagian Ket Out Eksternal Voltage regulator juga bisa menjadi penyebab alternator cepat rusak atau drop Hubungan antara carbon brush dan rotor slip ringsnya kurang maksimal dan kurang baik sehingga membuat alternator mobil cepat drop.

Jika kamu mendapatkan tanda-tanda diatas, maka segera bawa mobil kamu ke bengkel resmi, atau bengkel dinamo profesional. Jangan sampai mobil kamu mogok ditengah jalan.

Baca Juga : Estimasi Biaya Ganti Kompresor AC Mobil

Masih Butuh Info ? Klik Artikel Terkait Yang Ada di Bawah Ini :

  • Leave a Comment