Tips dan Cara Mengatasi Radiator Mobil Bocor yang Darurat

sistem radiator mobil

Tips dan Cara Mengatasi Radiator Bocor – Mengatasi radiator mobil yang bocor bisa kamu lakukan jika terjadi pada saat yang tidak kamu sangka-sangka. Bisa saja terjadi ketika mobil sedang kamu parkir di depan rumah tetiba terjadi radiator mobil bocor parah.

Lalu bagaimana mengatasi Sendiri Radiator mobil yang Bocor?

sistem radiator mobil
sistem radiator mobil/howstuffworks

Cek kondisi air di radiator dan tangki cadangan. Pastikan masih ada cukup air didalamnya. Jika masih ada air radiator, cari sumber kebocoran yang kadang  tidak kelihatan. Hidupkan mesin dan jangan nyalakan AC agar air radiator bersirkulasi dengan normal. Biasanya jika bocor, air radiator akan menyembur melalui tempat yang bocor.

Jika terlihat ada yang keluar dari radiator atau dari pipa/selang  Maka sudah ketemu sebagian masalahnya. Cek juga bagian bawah mesin jika ada air yang menetes dari bagian waterpump.

periksa tangki cadangan radiator
periksa tangki cadangan radiator

Biarkan agak beberapa lama agar mesin panas, jika radiator berjalan normal, maka suhu mesin akan stabil. Jika suhu mesin terus naik, maka ada masalah di system radiator mobil kamu.

Memastikan lokasi kebocoran radiator penting untuk dilakukan untuk memberikan info tambahan kepada mekanik bengkel  sehingga mempercepat proses servis mobil. Hal ini juga menghindarkan kita dari mekanik nakal yang bisa sembarangan melakukan analisis kebocoran radiator.

Saluran air radiator yang bermasalah cukup umum terjadi.  Jika ini terjadi sebaiknya langsung saja ke bengkel untuk diperiksa. Keseluruhan sistem pendingin mesin, mulai dari radiator, selang, reservoir, dan pompa air harus dicek.

Sifat air yang mencari jalan keluar dari lokasi yang bertekanan lemah dari satu bagian ke bagian lain. Misalnya hanya bagian radiatornya saja yang diganti, maka air akan pindah merusak ke selang atau pipa yang sudah rapuh. JIka hanya selangnya  saja yang diganti maka air akan menjebol water pump dst.

Lalu bagaimana jika ini terjadi di jalanan dimana bengkel jauh dan susah untuk di cari. Cara memperbaiki dan Mengatasi Radiator mobil Bocor sebenarnya cukup mudah, jika kerusakan terjadi pada selang dan pipa yang tidak begitu sulit dilakukan.

Tips ini Cuma bisa dilakukan untuk radiator yang titik bocornya kecil. sedikit jika radiatornya jebol dan berlubang besar maka harus diganti. Berikut cara darurat Tips dan Cara Mengatasi Radiator Bocor :

  • Pastikan dulu titik lokasi kebocoran yang ada pada radiator, bukan pada selang atau pipanya.
  • Jika titik bocornya ada dari sambungan selang/pipa bisa di dengan sealer anti panas dan lalu diklem.
  • Gunakan kunci pas, kunci inggris, obeng plus, obeng minus, dan tang yang kamu miliki, jika tidak punya bisa meminjam.
  • Biasakan mempunyai air radiator cadangan atau air biasa di dalam bagasi mobil. Jika tidak beli saja air mineral +- satu gallon untuk mengisi air radiator yang bocor.
  • Jika titik kebocoran di radiator, rapatkan bilah di radiator dengan menggunakan tang dan obeng minus.
  • Oleskan lem besi pada tempat kebocoran radiator secara cukup dan merata.
  • Biarkan lem sampai kering +- 20 menit.
  • Isi radiator dengan air.
  • Nyalakan mesin dan biarkan periksa jika masih ada kebocoran. Cek indicator temperatur di dashboard. Jika normal kamu bisa meanjutkan perjalanan.

Cara memperbaiki radiator mobil ini hanya untuk sementara, jangan lupa langsung ke bengkel terdekat untuk reparasi radiator mobil kamu.

Baca Juga : 

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *