Tau Nggak Kalau Tekanan Udara Ideal Ban Bisa Diukur Pakai Tangan

isi tekanan ban dengan benar

Cara Mengukur tekanan udara ideal ban – Pada saat-saat tertentu pastinya kita dihadapkan dengan masalah tekanan angina di ban baik itu mobil ataupun motor. Jika kamu tidak punya alat pengukur tekanan angin di ban, maka tangan bisa digunakan sebagai cara termudah jika tidak ada alat pengukur ban khusus.

Seperti di lansir dari kompas.com yang mewawancarai  Asisstant Director PT Bridgestone Tire Indonesia Frankie Paduli. Dijelaskan jika tekanan udara ideal pada ban mobil ialah seukuran telapak tangan orang dewasa pada umumnya.

Gunakan tangan untuk mengukur tekanan udara ban mobil

Dijelaskan jika memang ban yang menyentuh di permukaan jalanan itu rata-rata hanya sebesar telapak tangan orang dewasa jelas Frankie di pabrik Bridgestone Indonesia di Karawang. Tekanan udara pada ban mobil tidak boleh lebih ataupun kurang. Cobalah tekan-tekan dengan kuat pada bagian depan mobil akan terlihat seberapa banyak ban mobil akan mengembang/mengempis.

cara memeriksa tekanan ban
cara memeriksa tekanan ban

Apabila kurang, maka permukaan ban yang menempel di badan jalan akan lebih besar. Hal ini akan berdampak tarikan mesin akan lebih berat dan juga bensin akan menjadi boros konsumsinya. Namun, jika tekanan angin ban semakin kencang, maka dapat terlihat kalau bagian ban yang menempel di aspal juga semakin akan kecil. Ha ini juga sangat berbahaya, apalagi jika ketebalan sudah berkurang dan mobil dikemudikan ketika basah atau saat hujan.

Jika kamu sudah terbiasa menyupir mobil maka tekanan angin ideal ban juga bisa kamu rasakan langsung ketika kendaraan sedang berjalan. Jika ada yang terasa aneh kamu bisa langsung Mengukur tekanan udara ideal ban dengan tangan dan juga secara visual.

Untuk ukuran normal jika merasa ada  yang aneh seperti terlalu berat atau oleng maka segera periksa ban. Jika terlalu berat maka langsung diisi. Tekanan angin pada ban harus sering dicek sebelum berkendara.

isi tekanan ban dengan benar
isi tekanan ban dengan benar

Agar pemakaiannya maksimal dan baik, tekanan ban juga harus selalu dijaga, harus pas tidak boleh lebih ataupun kurang. Jika terlalu kencang maka proses pengereman tidak sempurna.  Jika  kurang, mobil akan terasa berat dan boros bensin.

Mungkin teknik cara Mengukur tekanan udara ideal ban dengan tangan diatas hanya bisa dilakukan jika diperlukan. Akan lebih baik jika kendaraan langsung kamu bawa ke bengkel untuk di isi angin. Tekanan ban yang benar tercantum pada manual mobil sebagai referensi. Pastikan juga kamu mempunyai ban serep atau cadangan dalam keadaan baik dan masih laik jalan.

 

Baca Juga : Tips dan Cara Menyetir Mobil Matik di Tanjakan Curam

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *