Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar, Kenali Apa Saja Sumbernya

Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar – Salah satu kendala dari mobil bekas ialah suara mesinnya yang kasar. Akan tetapi, persoalan bunyi mesin mobil kasar ini sering muncul khususnya pada mobil bekas.

Bunyi mesin mobil kasar ini biasanya terdengar pada saat putaran mesin sedang dan akan semakin keras bunyinya pada putaran tinggi.
Bunyi kasar ini bisa juga disebabkan dari kerenggangan klep yang telah melewati batas toleransi.

Untuk lebih lengkapnya dibawah dijelaskan mengenai penyebab suara mesin mobil kasar saat panas :

Bearing mobil

Bearing ialah bantalan yang menghalangi dua komponen untuk bergesekan langsung. Hal ini karena komponen yang bergesekan secara langsung dapat menghasilkan panas yang tinggi. Mesin mobil kamu banyak terdapat komponen yang bergesekan langsung, oleh karena itu bearing di dalam mobil juga banyak sekali.

Celah katup mesin

Pada beberapa bagian mesin ada yang bisa memuai karena panas. Salah satunya ialah batang katup, karena batang katup ini terbuat dari logam maka perlu ada celah di antara batang katup dengan rocker arm. Untuk ukuran celah ini biasanya disebut dengan celah katup. Biasanya ukuran celah katup ini ialah sekitar 0,2-0,3 mm.

Pemakaian Oli mesin yang tidak sesuai

Penyebab suara mesin mobil avanza kasar atau suara mesin mobil kijang kasar ketika panas juga bisa disebabkan oleh oli mesin yang terlalu encer.

Untuk ukuran oli ini harus sesuai dengan buku petunjuk mobil kamu. Misalnya 10 W-40 atau 0W-20, jika semakin kecil nilai yang terdapat pada kemasan oli, maka semakin rendah juga konsistensi olinya (semakin encer). Untuk diketahui, tidak semua mobil dapat diaplikasikan dengan oli yang encer.

Baca Juga : Ciri Ciri Booster Rem Mobil Rusak

Masih Butuh Info ? Klik Artikel Terkait Yang Ada di Bawah Ini :

  • Leave a Comment