Penyebab Pedal Rem Mobil Keras, Jangan Disepelekan

Penyebab Pedal Rem Mobil Keras – Jika saat menginjak pedal rem mobil terasa keras maka kamu harus waspada, karena rem merupakan fitur keselamatan yang paling utama saat berkendara.

Pedal rem yang menjadi keras ketika diinjak atau ditekan bisa jadi merupakan indikasi adanya kerusakan pada sistem pengereman mobil.

Jika pedal rem diinjak terasa keras tentu cukup berbahaya karena dapat mengganggu kerja rem mobil, dan bahkan rem blong.

Penyebab yang paling sering ditemukan ialah karena ada penyumbatan di dalam booster rem dan di brake vacuum hose atau slang vakum rem mobil.

Penyumbatan yang ada di selang vakum rem mobil terjadi karena pemakaian harian dan juga adanya kotoran yang ikut terhisap masuk.

Tekanan udara yang mengalir dalam slang vakum didapatkan dari pompa vakum yang menghisap udara dari intake manifold.

Kotoran yang masuk lama-lama akan menyumbat klep yang mengatur bukaan tekanan udara. Hasilnya ialah ketika pedal rem diinjak tekanan udara tertahan di klep selang vakum dan pedal rem menjadi keras.

Jika dari booster rem pada bagian dalam terdapat bantalan karet yang sudah mengeras elastisitasnya akan berkurang dan tekanan udara tidak bisa maksimal menekan bantalan karet, sehingga injakkan pedal rem akan terasa tertahan.

perawatan berkala rem mobil
perawatan berkala rem mobil

Periksa sendiri

Kamu kamu bisa melakukan pengecekan sistem rem mobil secara berkala supaya kondisinya tetap terjaga.

Periksa Kampas Rem

Periksa kampas rem dengan seksama, kapan terakhir kamu melakukan penggantian. Karena booster rem juga bagian yang biasanya menyebabkan pedal rem menjadi keras.

Periksa Minyak Rem

Minyak rem juga harus diperiksa secara berkala jika volume minyak rem berkurang maka harus ditambah. Selain itu juga jika warna minyak rem sudah mulai berubah, sebaiknya segera kamu ganti.

Periksa Booster Rem

Salah satu penyebab rem mobil keras ialah booster rem yang sudah aus. jika waktu pemakaian yang sudah lama biasanya sudah aus dan harus diganti dengan booster rem yang baru.

Baca Juga : Service Besar Motor Matic Injeksi

  • Leave a Comment