Penyebab Mesin Mobil Overheat atau Cepat Panas

penyebab mesin mobil overheat

Penyebab Mesin Mobil Overheat – Jangan pernah menyepelekan keadaan suhu mesin mobil sobat apalagi jika sampai overheat. Untuk mengetahui penyebab mesin mobil cepat panas bisa disimak artikel dibawah ini. Agar performa mesin selalu prima maka penanganan yang tepat harus segera dilakukan supaya kenyamanan berkendara dijalan tetap terjaga.

Pernahkah sobat sedang asyik berkendara tiba-tiba suhu mesin mendadak naik drastis. Jika ini yang terjadi maka segeralah menepi dan jangan melanjutkan perjalanan sampai diketahui Penyebab Mesin Mobil Overheat. Karena jika belum pasti ditemukan penyebabnya maka solusinya belum bisa diputuskan untuk mengatasi mesin yang cepat panas ini.

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi sumber masalah mesin mobil overheat. Akan tetapi akan kita bahas menjadi 4 hal ini saja yaitu :

jangan panik ketika mobil overheat

Menggunakan Oli mesin yang Tidak Sesuai

Pastikan spesifikasi Pelumas mesin mobil sesuai dengan buku petunjuk. Juga pastikan menggunakan oli yang asli. Penyebab Mesin Mobil Overheat bisa diakibatkan dari jenis oli yang digunakan dan bisa menjadi penyebab mesin mobil cepat panas. Penggunaan oli palsu atau oli yang kualitasnya jelek, maka menjadikan performa mesin menurun dan bisa sering overheat.

Mesin yang sering overheat akan membahayakan bagian dalam mesin pada jangka panjang. Hal ini bisa membuat turun mesin sebelum waktunya dan biaya yang dikeluarkan akan sangat besar.

Radiator Mobil Bermasalah

Radiator mobil merupakan salah satu komponen yang pertama Kali diperiksa untuk menemukan Penyebab Mesin Mobil Overheat. Radiator menjaga agar suhu mesin tetap stabil. Akan tetapi jika ada masalah pada radiator bisa menyebabkan proses mendinginkan mesin menjadi tidak normal.

Periksalah jika da kebocoran di radiator atau di selangnya. Jangan lupa juga untuk memeriksa tutup radiator dan juga tangki cadangan. Jangan membuka tutup radiator pada keadaan mesin panas, tambahkan air dari tangki cadangan. Pastikan menggunakan radiator coolant untuk mengisi radiator dan jangan menggunakan air biasa. Hal ini penting untuk mencegah korosi pada bilah-bilah radiator.

Thermostat Yang Rusak

Thermostat berfungsi sebagai alat indikator pada suhu mesin. Ketika suhu mesin tinggi, maka thermostat akan menjadi sinyal yang mengatur radiator supaya bekerja extra dalam melakukan pendinginan mesin.

Jika thermostat rusak karena usía pemakaian maka tidak akan bekerja dengan baik. Akibatnya, suhu mesin akan terus naik tanpa ada yang mengontrol. Segera ganti jika ada indikasi thermostat rusak.

Kipas atau Cooling Fan Radiator Lemah

Kipas pendingin merupakan satu kesatuan komponen dengan radiator mobil. Sistem pendinginan mesin mobil tidak akan bekerja baik tanpa cooling fan radiator ini. Penyebab mesin mobil over heat bisa terjadi jika komponen terkait radiator ini tidak bekerja dengan baik atau lemah.

Hal ini terjadi karena usía pemakaian atau juga lainnya. Maka jika ada indikasi cooling fan motor untuk radiator sudah lemah bisa jadi merupakan penyebab mesin mobil cepat panas, segera diganti agar tidak merembet ke bagian yang lain.

Baca Juga : Tips dan Cara Mengatasi Radiator Mobil Bocor yang Darurat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *