Penyebab Koil Mobil Mati Yang Sering Ditemukan

Penyebab Koil Mobil Mati – Mesin memerlukan percikan bunga api dari busi untuk siklus pembakaran. Salah satu spare part mobil untuk melakukan ini ialah Koil. Koil berfungsi untuk membangkitkan tegangan tinggi dan mengalirkannya ke busi, untuk kemudian tercipta bunga api.

Untuk mesin yang memakai bahan bakar bensin, koil mempunyai peran yang tidak kalah penting. Karena tanpa koil yang bekerja maksimal, maka mesin mobil tidak bisa digunakan dengan normal karena biasanya muncul masalah seperti mesin yang brebet, mesin tiba-tiba mati, sampai mesin yang mati total.

Jika koil mobil mati, umumnya akibat gulungan koil primer dan sekunder yang putus atau konslet. Pada tipe koil on plug, igniter yang dipasang bersamaan dengan koil juga biasanya mengalami kerusakan.

Terkait : Mengapa DOT di Minyak Rem Berbeda? Ini Penjelasannya..

Lalu apa sajakah yang biasanya memicu kerusakan gulungan koil atau igniter sampai membuat koil mobil mati? Simak artikel otodomain dibawah ini untuk penjelasan penyebab koil mobil mati yang biasanya terjadi.

  • Segera Mengganti Busi yang Telah Rusak .

Penyebab Koil Mobil Mati bisa jadi karena ada bisu yang rusak dan tidak diganti. Karena akan menyebabkan aliran tegangan tinggi yang seharusnya keluar dari busi menjadi  terhambat dan tertahan pada koil sekunder.

Hal ini akan menjadikan kebocoran listrik bahkan kebocoran bisa merambat sampai ke kabel busi juga penutupnya.  Selain itu juga, tegangan tinggi yang tertahan pada gulungan koil sekunder bisa mengakibatkan panas berlebih pada bagian koil.

  • Pemakaian Busi Yang Tidak Sesuai Spek Mobil

Busi memiliki tipe yang berbeda-beda, oleh karena itu pemakaiannya harus sesuai dengan spek mobil dan mesin. Bila busi diganti dengan estándar yang tidak sesuai, maka bisa berdampak langsung terhadap koil móvil. Hal ini bisa menyebabkan percikan api yang terlalu kecil sehingga akan membebani kerja koil dan mempercepat umur koil móvil itu sendiri.

  • Kebocoran Pada Kabel Busi

Kabel busi yang bocor dan tidak langsung diganti biasanya akan mengakibatkan koil mobil mati. Kabel busi yang bocor terjadi karena perlakuan yang kurang teliti ketika perawatan dan mengakibatkan kabel koil sobek atau rusak.

Selain itu juga kabel busi juga bisa bocor karena umur pakai yang sudah terlampau lama. Kabel busi mempunyai insulator dengan bahan karet yang akan getas karena terpapar panas mesin secara konstan.

  • Pemakaian Koil Yang Diatas 5 Tahun.

Pemakaian Koil Yang Diatas 5 Tahun juga bisa menjadi Penyebab koil mobil mati. Biasanya hal ini terjadi pada mobil bekas yang banyak komponennya harus diganti. Pemakaian koil yang lama juga bisa mengakibatkan listrik bocor sehingga pasokan listrik ke busi tidak maksimal.

Baca Juga : Pemicu Mesin Diesel Common Rail Susah Hidup

Masih Butuh Info ? Klik Artikel Terkait Yang Ada di Bawah Ini :

  • Leave a Comment