Penyebab Bunyi “Gluduk-Gluduk” di Honda Freed

Salah satu “penyakit” yang banyak di temui pada Honda Freed ialah bunyi gluduk-gluduk yang bersumber dari ban. Ada baiknya gejala awal ini segera di perbaiki supaya tidak menyebar ke komponen mobil yang lainnya. Berikut ialah artikel mengenai penyebab bunyi gluduk gluduk honda freed.

Honda Freed merupakan salah satu MPV yang cukup populer di Indonesia. Walaupun penjualan mobil Honda tipe ini sudah diberhentikan sekitar tahun 2015, akan tetapi mobil ini masih banyak dicari dipasar mobil bekas.

Diluar negeri keluaran mobil Honda 7 seater ini masih terus diproduksi dengan tampilan yang lebih modern dan “fresh”. Salah satunya ialah Honda Freed type Hybrid yang beru keluar di Jepang pada tahun…

Honda Freed Hybrid

Masalah Umum Mobil Diatas 5 tahun

Untuk umur Honda Freed di Indonesia biasanya sudah diatas 5 tahun, dengan keluaran type .. yang paling terakhir dirilis. Biasanya masalah yang umum ditemukan pada mobil diatas 5 tahun salah satunya ialah kaki-kaki mobil.

Umur ban yang harus diganti, pengecekan per mobil, link stabilizer dan lain-lain merupakan bagian kaki mobil yang bisa kamu periksa untuk mengetahui jika perlu perbaikan atau penggantian yang harus dilakukan.

Salah satu masalah kaki-kaki mobil Honda Freed ialah keluar bunyi “gluduk-gluduk” ketika mobil berjalan di jalan mulus. Suara ini seperti suara ketika kita melewati jalan yang rusak atau tidak rata.

Untuk gejala seperti ini jika tidak terlalu parah, maka bisa diperiksa link stabilizer depan. Biasanya bagian ini harus diganti, karena teflon yang berada didalam komponen tersebut sudah haus atau patah dikarenakan usia pemakaian. Link stabilizer berfungsi untuk menahan bodi rolling mobil honda freed ketika jalan.

link stabilizer honda freed
link stabilizer honda freed

link stabilizer ini disarankan untuk diganti keduanya (bagian kanan dan kiri) karena walaupun hanya satu bagian saja yang bermasalah biasanya tidak lama kemudian bagian satunya juga akan mendapatkan masalah yang sama dikarenakan umur pemakaian.

link stabilizer honda
pada bagian ini link stabilizer honda yang diganti

Jika tidak segera diganti biasanya akan merembet ke komponen lain seperti bagian rack steer honda freed. Walaupun jarang terjadi, akan tetapi ada baiknya jika sudah ada gejala awal seperti bunyi yang tidak nyaman keluar dari kolong mobil disarankan untuk diperiksa segera.

Biasanya setelah kedua link stabilizer tersebut sudah diganti, suara akan hilang dan kabin mobil Honda Freed kamu akan segera sunyi kembali.

Baca Juga : Fakta : Pakai Air Ledeng (PAM) Untuk Radiator

Klik link artikel dibawah ini untuk pencarian lebih lanjut :

  • Leave a Comment