Masa Kadaluarsa Ban, ini Informasinya

masa kadaluarsa ban

Masa kadaluarsa ban – Seperti makanan apakah ban kendaraan bermotor juga mempunyai masa kadaluarsa? Banyak pengguna kendaraan bermotor mungkin kurang tahu akan hal ini dan biasanya kurang memperhatikan kode produksi ban yang bukan tahun terbaru. Jika Anda sedang berencana membeli ban mobil maka ada baiknya membaca artikel di bawah ini.

Seperti dilansir kompas.com, Asisten Direktur Sales dan Pemasaran PT Bridgestone Tire Indonesia (BSTI) Frankie Paduli mengungkapkan jika ban tidak mempunyai masa kadaluarsa. Jika disimpan dengan keadaan baik, ban tetap dapat digunakan kapan saja. Kode yang terdapat pada ban itu ialah tanggal produksi pada ban, bukan tanda kadaluarsa tidaknya sebuah ban.

masa kadaluarsa ban
masa kadaluarsa ban

Masih menurutnya, pencantuman kode produksi pada ban hanya untuk memudahkan pelacakan jika seandainya terjadi sesuatu. Dengan adanya kode tersebut, maka produsen dapat segera mengetahui siapa yang bertugas ketika produksi ban dilakukan.

Jadi kesimpulannya jikan ban disimpan dengan baik dan benar seperti tidak kena panas dan lembab, maka ban akan tetap tahan dan awet.  Pernyataan yang sama juga diucapkan Manager Training PT Sumi Rubber Indonesia (Dunlop) Bambang Herman Muhadi. Menurut beliau, masa kadaluarsa pada ban tidak ada karena yang ada Cuma masa jaminan.

Masa jaminan ban itu berlaku sejak lima tahun setelah ban diproduksi.  Jadi ban tidak mempunyai masa kadaluwarsa. Namun yang ada ialah berakhirnya masa jaminan.

Baca Juga : Jangan Bingung, Ini Jawaban Antara Udara Dicampur Nitrogen Pada Ban

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *