Langkah Membersihkan Radiator Mobil Sendiri

Cara Membersihkan Radiator Mobil Sendiri – Untuk pembersihan radiator mobil sebaiknya sobat melakukannya secara rutin setidaknya kurang dari enam bulan sekali. Tetapi jika sebelumnya kondisi bagian radiator mobil sudah mulai berkerak, sobat bisa melakukan pembersihan dengan segera.

Jika kerak sudah menebal maka akan sangat sulit bagi sobat untuk membersihkan kerak yang membandel tersebut. Untuk membersihkan kerak yang membandel, mau tidak mau sobat harus membawanya ke bengkel untuk melakukan pembongkaran. Tentunya hal ini akan membuat sobat mengeluarkan biaya yang berlebih.

Langkah Membersihkan Radiator Mobil Sendiri

1. Persiapkan Bahan dan Alat

Cara Membersihkan Radiator Mobil sendiri yang pertama tentu sobat harus memahami bahan bahan yang diperlukan. Pertama kali yang perlu sobat lakukan ialah menyiapkan bahan dan alat yang sobat gunakan untuk membersihkan radiator mobil. Bahan-bahan yang digunakan mulai dari cairan khusus seperti coolant radiator serta cairan untuk membersihkan radiator mobil.

2. Mobil Dalam Keadaan Mati

Cara membersihkan  bagian radiator mobil selanjutnya ialah membuka kap mesin mobil. Sesudah  itu, buka bagian tutup radiator pada saat keadaan mobil dalam keadaan mati. Jangan membuka mesin radiator mobil pada saat mesin masih dalam keadaan panas. Bila sobat membuka mesin mobil dalam keadaan panas tentunya akan sangat membahayakan. Terdapat cara mudah untuk membersihkan radiator mobil sobat yaitu lakukan pada saat volume air menunjukkan pada titik lower tank ( tangki bagian bawah ).

3. Menguras air radiator

Selanjutnya Cara Membersihkan Radiator Mobil Sendiri, sobat bisa menguras air radiator. Untuk mengosongkan air pada radiator mobil, sobat bisa emmbuka bagian kran yang ada di bawah tangki radiator. Bila sobat sulit untuk menemukan bagian tersebut, sobat bisa melepas selangnya terlebih dahulu dari aliran yang menuju mesin mobil. Tunggu hingga air di dalam air radiator benar-benar habis. pada proses ini sobat harus cukup bersabar, pastikan tangki radiator dalam keadaan yang benar-benar kosong.  (baca juga: Tips Memilih Amplifier Mobil)

4. Membersihkan selang air radiator

Sesudah  itu, sobat bisa mulai membersihkan radiator mobil dimulai dari selang radiator yang menghubungkan ke mesin mobil. Untuk membersihkannya sobat bisa mengambil selang yang menghubungkannya ke mesin mobil. Semprotkan air di dalam selang sampai tidak ada kotoran yang tertinggal di dalam selang radiator. Kebersihan selang sangat perlu diperhatikan karena percuma saja radiator dalam keadaan bersih tetapi selang radiator dalam keadaan yang kotor. Selang yang kotor bisa menyebabkan timbulnya kerak pada mesin mobil.

5. Bersihkan bagian inti radiator

Sesudah  membersihkan selang radiator, selanjutnya sobat bisa membersihkan bagian inti radiator mobil. Bagian inti radiator ialah core tank, untuk bagian ini biasanya bisa sobat bersihkan dengan cara mengisi air pada radiator. Selanjutnya pastikan bahwa air keluarannya merupakan air bersih. Terdapat hal penting yang perlu sobat perhatikan sebelum membersihkan bagian mobil ini. Pastikan keadaan selang yang menuju mesin mobil bisa mengalirkan air dalam keadaan yang lancar. Sehingga sobat perlu berhati-hati dalam memilih air yang bisa sobat gunakan untuk membersihkan bagian inti radiator. Sobat bisa menggunakan radiator coolant, tetapi bila sobat susah dalam menemukan jenis air ini sobat bisa menggunakan air galon biasa. Hindari penggunaan air sumur karena kandungan kapurnya yang cukup tinggi bisa memacu pertumbuhan kerak pada area dinding radiator serta mesin mobil.

6. Start mesin untuk menguras air radiator

Pada saat air keluaran radiator dirasa sudah bersih, sobat bisa menyalakan mesin kendaraan mobil. Tetapi tentunya hal ini bisa sobat lakukan sesudah  menutup bagian tangki radiator. Panaskan mesin mobil sekitar 15 menit hingga thermostat naik di posisi tengah. Perhatikan air keluaraan pada radiator, pastikan air keluaran lancar dan tidak membawa berbagai kotoran. Bila benar-benar sudah habis, sobat bisa mematikan kembali mesin mobil dan tunggu keadaan mesin hingga kosong.

7. Mengulang pembersihan radiator mobil

Cara membersihkan radiator mobil selanjutnya ialah dengan mengisi radiator mobil hingga dalam keadaan penuh. Kemudian tutup bagian tangki dengan penutup radiator. Tetapi pengisian air radiator ini dilakukan hingga mesin sudah dalam keadaan dingin. Kemudian nyalakan kemabli mesin mobil agar ai radiator mobil bisa bisa kembali keluar sampai habis tak tersisa. Langkah ini bisa sobat ulang 2-3 kali untuk memastikan tidak ada kerak lagi yang tersisa pada bagian dalam radiator. Pembersihan ini juga dilakukan agar air radiator mengalami sirkulasi. Selain itu, hal ini dilakukan agar sisa cairan pembersih bisa ikut terangkat melalui air keluaran radiator yang dialirkan secara terus menerus.

8. Memasang kembali selang radiator

Bila keadaan sudah benar-benar bersih, maka sobat bisa menutup kran dan memasang kembali selang yang menuju mesin mobil. Pada tahap ini jangan lupa untuk mengisi dengan penuh radiator mobil sobat dengan air radiator. Sebaiknya berikan sedikit campuran radiator coolant pada air radiator, hal ini bisa membuat kualitas air yang mengalir ke mesin mobil bisa berkualitas dengan baik dan bertahan lebih lama digunakan. Selain itu air radiator yang bercampur dengan coolant bisa mencegah timbulnya kerak membandel yang bisa saja menyerang bagian radiator mobil anda.

9. Periksa kondisi radiator mobil

Sesudah Membersihkan Radiator Mobil sendiri, sobat bisa menyalakan mesin mobil sobat dengan catatan tutup tangki sudah tertutup dengan sempurna. Kemudian periksa air dan pastikan sirkulasi air di dalamnya sudah dalam keadaan yang baik. Sesudah  menyalakan mesin selama beberapa saat, matikan mesin mobil untuk memeriksa keadaan dari radiator. Buka tutup radiator dan periksa kondisi dari radiator mobil. Bila air di dalamnya sudah mulai berkurang, jangan menambahkan kembali air di dalam radiator mobil. Tetapi sobat bisa menambahkannya dengan coolan radiator untuk membuat pengaturan suhu bisa berjalan dengan baik. Sesudah  itu sobat bisa menutup kembali bagian dari tangki radiator. Langkah ini merupakan cara menguras air radiator mobil terakhir yang bisa sobat lakukan.

Baca Juga : Ikuti Cara Mudah Ini Untuk Mengecek Mobil Bekas Sebelum di Beli

  • Leave a Comment