Kaca Spion Elektrik Tidak Berfungsi, Periksa 3 Bagian Ini!

kaca spion elektrik tidak berfungsi

Kaca Spion Elektrik Tidak Berfungsi  – Untuk mobil yang berkisaran harga menengah ke atas biasanya sudah dilengkapi denagn fitur spion elektrik atau yang juga dikenal dengan retractable mirror. Akan tetapi biasanya spion elektrik ini punya masalaha yang biasanya tiba-tiba macet atau tidak berfungsi.

Salah satu komponen penting untuk keselamatan ialah spion mobil. Spion elektrik ini di desain untuk membuat mudah berkendara ketika dalam melakukan setting spion tanpa harus membuka jendela. Untuk tombol kontrol pengaturan spion ini terletak di samping kanan setir pengemudi.

Setiap komponen yang digerakkan secara elektrik maka ada beberapa hal yang dapat diperhatikan supaya spion elektrik berfungsi dengan baik.

Penyebab Spion Elektrik Macet

penanganan breket spion elektrik harus orang yang sudah ahlinya

Biasanya kaca spion elektrik mobil jarang sekali bermasalah atau macet apalagi jika tidak pernah terjadi benturan, atau tidak dibuka dan ditutup tanpa memakai tombol control. Untuk beberapa kasus breket spion tidak mau menutup normal dan juga membuka ketika tombol ditekan.

Untuk mengatasi masalah kaca spion elektrik tidak berfungsi seperti diatas, maka sobat bisa memeriksa bagian ini :

  • Periksa sikring, apakah ada yang putus atau tidak.
  • Apabila kondisi sekring tidak ada yang putus, maka dapat dicoba dengan menghidupkan mesin mobil.
  • Kemudian, tutup dan buka kaca spion dengan car manual. Pastikan lakukan dengan cara perlahan supaya tidak merusak komponen didalam spion elektrik didalamnya.
  • Apabila langkah ini tidak bisa, maka bisa jadi terdapat kerusakan pada bagian motor kaca spion. Jika ini yang terjadi, maka harus dilakukan pemeriksaan di bengkel resmi atau bengkel spesialis kaca spion. Hal ini penting, karena bila ada bagian yang harus diganti maka penanganan breket spion elektrik harus orang yang sudah ahlinya.

Penyebab umum spion elektrik tidak berfungsi atau macet ialah kebiasaan melipat atau membuka kaca spion mobil secara manual. Biasakan selalu memakai tombol yang sudah ada untuk membuka dan melipat kaca spion elektrik secara otomatis.

Faktor kebiasaan ini mempunyai efek buruk, yaitu motor penggerak yang berada di dalam kaca spion akan cepat rusak. Apabila motor penggerak ini rusak, maka otomatis kaca spion elektrik tidak bisa berfungsi dengan baik.

Baca Juga : Beda Rem ABS dan Rem Biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *