Ini Cara Memeriksa SCV Pajero Sport / Triton Supaya Tidak Bermasalah

Cara Memeriksa SCV Pajero Sport/Triton – SCV berfungsi untuk melakukan pengaturan berapa banyak bahan bakar yang akan dinaikan tekanannya. Suction Control Valve (SCV) merupakan salah satu aktuator penting yang ada pada sistem common rail. SCV ini umumnya di pasang pada bagian supply pump (pompa bahan bakar bertekanan tinggi).

Komponen SCV ini terhubung langsung dengan ECU mesin. Oleh karena itu apabila SCV mendapat masalah atau mengalami gejala kerusakan, maka ECU langsung menyalakan check engine warning lamp supaya pengemudi memahami kondisi mesin saat itu.

Terkait : Suara Mesin Mobil Mendengung, Ternyata Ini Penyebabnya

Supaya tahu seberapa parah kerusakan SCV, maka kamu butuh alat scanner yang cocok dengan mobil. Biasanya, apabila SCV sedang rusak, maka muncul kode P0629 (Suction Control Valve battery short), P0628 (Suction Control Valve open), DTC P0089 (Suction Control Valve stuck), atau P1275 (Supply pump exchage).

Di bawah ini ialah informasi mengenai bagaimana cara memeriksa SCV (Suction Control Valve) mobil Pajero Sport ataupun Triton dengan mesin 4D5.

Berikut ialah cara memeriksa SCV Pajero atau triton

  1. Periksalah Secara Fisik Pergerakan Katup SCV

Tujuan memeriksa secara fisik dan pergerakan katup SCV ini ialah memastikan jika SCV bisa bergerak secara normal. Ikutilah langkah berikut ini :

  • Lepaskan SCV dari supply pump
  • Periksa dan perhatikan body SCV, bila ada yang bengkok atau penyok di bagian bodi nya menandakan SCV sudah tidak bagus.
  • Perhatikan kondisi karet o-ring yang ada, pastikan juga kondisi o-ring masih bagus
  • Cek bagian depan SCV tempat katup/valve SCV berada, kamu harus memastikan bila kondisinya tidak terlihat ada keausan atau kotoran yang menyumbat karena bisa mengakibatkan SCV stuck.
  • Pasanglah SCV ke kabel konektor
  • Kemudian Putar kunci kontak ke posisi ON
  • Jika SCV dalam kondisi baik maka akan menunjukkan getaran pada bodi SCV ketika kunci kontak di nyalakan. Selain itu juga kamu perhatikan lubang bagian katup yang ada di depan scv. Ketika dinyalakan bagian katup juga akan terlihat bergerak.
  1. Ukurlah Nilai Tahanan SCV

Tujuan mengukur nilai tahanan/hambatan SCV ini ialah untuk memastikan coil/kumparan di dalam bagian SCV ini pada kondisi baik dan tidak putus (short).

Dibawah ini ialah langkah pemeriksaannya:

  • Lepaskanlah kabel konektor pada suction control valve
  • Kemudian nyalakan multitester dan pilih selektor ke pengukuran hambatan (ohm), sebelumnya kalibrasi multitester dulu sebelum mengukur nilai hambatan
  • Ukur nilai resistansi yaitu antara terminal no 1 dan no 2 pada suction control valve
  • Ukuran resistansi/hambatan yang normal untuk SCV ialah sebesar 2,1 ohm (jika diukur pada suhu sekitar 20 derajat celcius)
  • Apabila nilai resistansi kurang atau lebih dari nilai diatas maka SCV sudah rusak.

Untuk melakukan penggantian SCV ialah berdasarkan pemeriksaan seperti diatas. Namun bila nilai resistansi masih normal maka kamu bisa mencoba untuk membersihkan katup SCV dengan cara membuka snap ring yang ada di bagian depan katup, kemudian mengeluarkan katup/Valve SCV beserta spring/pegasnya lalu dibersihkan.

Periksa pada bagian dinding katup, apabila sudah aus atau ada goresan yang berlebihan maka SCV harus segera diganti.

Baca Juga : Alternator mobil bermasalah? Cari Tahu Penyebabnya Disini.

Masih Butuh Info ? Klik Artikel Terkait Yang Ada di Bawah Ini :

  • Leave a Comment