Ciri-Ciri Thermostat Mobil Rusak

Ciri-Ciri Thermostat Mobil Rusak – Fungsi thermostat ialah untuk mengatur suhu mesin pada sistem pendingin yang ada di dalam radiator.

Thermostat pada radiator ini seperti katup yang bisa membuka jika suhu mesin sudah optimal.

Untuk tempat thermostat yaitu di jalur cairan pendingin mesin yang akan menuju radiator.

Dengan kondisi umur mobil yang semakin tua, maka kondisi thermostat ini akan mengalami penurunan (rusak).

Cara mengetahui kerusakan thermostat ini tidak perlu dibukan, cukup dengan nelihat indikator suhu mesin di dashboard

Thermostat yang rusak salah satunya ialah dari indikator suhu mesin yang kerap naik terus, berbeda dengan kedaaan normal yang stabil. Jika terjadi kerusakan, maka thermostat ini tidak akan berfungsi normal dan menyebabkan cairan pendingin (coolant) di radiator tidak mengalir.

ciri ciri thermostat rusak
ciri ciri thermostat rusak

Berikut ialah tanda-tanda thermostat mobil rusak :

  • Mesin Overheating

Pada saat thermostat rusak, suhu mesin mobil menjadi overheat yang berakibat pada keluarnya asap pada sat mesin sedang dioperasikan. Mesin mobil yang overheating akan ditandai dengan menurunnya performa mobil saat sedang melaju, mesin terasa menggelitik sewaktu dibawa saat perkalanan jauh, suhu yang dihembuskan AC mobil tiba-tiba panas, dan warna oli yang mulai kecokelatan apabila overheatnya sudah terlalu parah.

  • Kinerja Thermostat Sangat Lama

Thermostat akan terbuka saat suhu mesin sangat panas atau dingin, dan akan tertutup saat suhu mesin kembali normal. Nah, pada saat thermostat rusak, kinerja untuk menstabilkan suhu ini menjadi sangat lama dan membuat suhu di dalam radiator menjadi sangat dingin.

  • Boros Bahan Bakar

Bahan bakar akan mudah habis ketika thermostatnya rusak. Kenapa? Karena pada saat suhu mesin terlalu rendah, mesin membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak agar suhunya kembali ke suhu kerja yang sesungguhnya. Jadi, biaya untuk bahan bakar akan dua sampai tiga kali lipat banyak dibandingkan saat thermostat masih baik-baik saja.

  • Thermostat Macet

macetnya thermostat dapat diketahui saat katup thermostat tidak membuka pada saat suhu mesin mencapai 90 derajat celcius. Hal ini akan mengakibatkan sirkulasi ke radiator akan terhambat, sehingga hembusan AC mobil menjadi panas.

Baca Juga : Cara Mematikan Kunci Immobilizer Jika Mobil Tidak Menyala

Masih Butuh Info ? Klik Artikel Terkait Yang Ada di Bawah Ini :

  • Leave a Comment