Kenali Ciri Ciri Mobil Harus Turun Mesin

Ciri Ciri Mobil Harus Turun Mesin

Ciri Ciri Mobil Harus Turun Mesin – Over haul atau dengan nama lain turun mesin ialah salah satu cara untuk melakukan perawatan mesin mobil atau motor yang kondisinya jauh menurun. Ada beberapa Ciri Ciri Mobil Harus Turun Mesin yang harus sobat ketahui. Hal ini penting untuk segera melakukan perawatan mesin mobil supaya biaya tidak semakin besar.

Turun mesin ialah bertujuan untuk memperbaiki mesin kendaraan dengan cara menurunkan dan membongkar blok mesin kendaraan secara menyeluruh. Setelah itu mesin akan dibongkar satu persatu dan mengganti bagian yang harus diganti.

Pentingnya Mengetahui Kondisi Mesin Sebelum Overhaul

Air Radiator Berminyak dan Oli Berwarna Kecoklatan

Salah satu tanda yang paling mudah untuk dilihat ialah ketika air radiator menjadi berminyak dan oli mulai berwarna kecoklatan. Kondisi ini disebabkan oleh air yang masuk ke dalam ruang kompresi mesin dan juga oli yang masuk ke dalam saluran air radiator. Jika ini dibiarkan maka akan mengakibatkan korosi pada blok silinder head.

Turun mesin separuh ini juga bisa menjadi solusi

Penggantian silinder head dengan yang baru bisa menjadi solusi, akan tetapi bila kondisi oli sudah berwarna sangat kecoklatan dan bahkan bercampur dengan air radiator maka mobil harus segera turun mesin.

Knalpot Mengeluarkan Asap Warna Putih

Ciri Ciri Mobil Harus Turun Mesin  berikutnya ialah keluarnya asap knalpot yang berwarna putih pekat. Hal ini juga ditandai dengan oli mesin yang berkurang drastis padahal baru diisi. Umumnya pada kasus-kasus seperti ini bisa diselesaikan dengan turun mesin setengah bila kerusakan nya pada bagian seal-seal valve yang kondisinya sudah mengeras.

Pada bagian atas blok valve atau klep nya saja yang diturunkan untuk kemudian seal diganti dengan yang baru. Turun mesin separuh ini juga bisa terjadi bila kerusakan hanya terjadi pada ring piston yang kondisinya sudah menurun.

Suhu Mesin Selalu Overheat

Jika suhu mesin selalu panas atau overheat, maka bisa jadi merupakan Ciri-ciri mobil harus mengalami turun mesin/overhaul. Pada penggunaan mobil dalam kondisi normal dan suhu mesin naik secara tiba-tiba dan selalu terjadi terus menerus walaupun kondisi radiator normal dan tidak ada kebocoran, Maka bisa jadi pertanda jika mobil sobat harus turun mesin.

Setelah itu juga mobil yang mendadak mati ketika overheat saat digunakan. Bila ini terjadi, maka jangan menyalakan mobil sampai suhu mesin menurun. Sobat bisa melihat temperatur mesin pada jarum penunjuk yang ada di dashboard.

Oli Rembes dari Mesin

Perhatikanlah kolong mobil, lihatlah dengan seksama menggunakan senter supaya lebih jelas. Pada kondisi normal seharusnya tidak ada rembesan oli atau cairan dari kolong mesin. Jika terlihat ada oli menetes pada salah satu bagian mesin, maka bisa jadi ada kebocoran seal.

Belum tentu juga ini merupakan Ciri Ciri Mobil Harus Turun Mesin, bisa saja hanya diganti salah satu komponennya saja. Untuk lebih jelasnya jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan bengkel langganan sobat.

Baca Juga : Estimasi Biaya Ganti Packing Mesin Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *