Bingung Mau Pilih Mobil Bekas Manual atau Matic? Baca Tips Membeli Mobil Bekas Matic Ini Yuk!

Cara mengecek mobil bekas matic – Sebenarnya mobil bekas manual ataupun mobil matic punya kelebihan dan juga kekurangannya yang masing-masing. Berbagai pilihan semuanya akan tergantung pada kebutuhan dan pertimbangan kenyamanan kamu dalam berkendara setiap harinya.

Perbedaan Antara Transmisi Mobil Manual dan Matic

Mungkin sekitar tahun 90an kendaraan (mobil atau motor) di Indonesia belum begitu mengenal betul transmisi matic. Mobil dengan transmisi manual banyak diburu dan jarang sekali orang yang tertarik dengan transmisi matic. Akan tetapi seiring dengan pergantian jaman maka tren pun berubah.

Transmisi manual yang harus menggunakan kopling ketika melakukan perpindahan gigi maka mobil dengan transmisi matic terdapat sistem yang lebih mudah untuk dioperasikan. Transmisi ini juga dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu transmisi semi otomatis dan otomatis.

Pada saat ini harga beli mobil bekas matic akan dibanderol lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual.



Tips membeli mobil bekas matic

Faktor kenyamanan berkendara

Memang secara teknologi maka mobil matic pasti lebih unggul jika dibandingkan dengan mobil manual. Serta untuk mengendarainya tidak sulit dan tidak ribet jika dibandingkan dengan mobil kopling.  Salah satu jenis mobil bekas matic yang banyak diburu ialah mobil bekas jazz matic  dan juga mobil bekas grand livina matic dikarenakan fitur mobil yang mewah dan juga kenyamanan yang melekat kepada keduanya.

Jika kamu membandingkan dengan mobil kopling manual, untuk pengoperan gigi, dan juga diperlulkan koordinasi dalam menginjak pedal gas maka dibutuhkan pembiasaan dan kesabaran dalam menyetirnya.

Apalagi jika kamu tinggal diperkotaan,  maka akan lebih nyaman jika kamu memakai mobil matic. Karena kondisi lalulintas yang selalu macet setiap harinya. Kamu hanya tinggal gas rem saja tidak perlu menginjak kopling.

Begitu juga ketika lalulintas macet dan menanjak, kamu tinggal memasukkan gigi untuk menanjak, cukup menekan pedal gas dan tidak perlu pindah gigi agar mobil dapat melaju.

Boros Mana Bahan Bakar Mobil Manual vs Matic?

Banyak yang beranggapan jika mobil manual lebih hemat dari mobil matic. Hal ini tentunya harus dibuktikan terlebih dahulu. Setiap mobil punya spesifikasi yang berbeda tergantung dari banyak faktor termasuk juga perawatan yang dilakukan. Bisa jadi mobil matic akan lebih irit jika dibandingkan mobil manual, atau juga sebaliknya. Pada mobil yang modern biasanya terdapat indicator di dashboard yang mencatat seberapa banyak konsumsi bahan bakar yang dipakai.

Pada kondisi mobil saat ini biasanya konsumsi rata-rata bahan bakar antara 10 :1 sampai 13:1 yang masih merupakan kondisi normal apalagi jika mobil digunakan di perkotaan. Salah satu tips dalam mengendarai mobil bekas matic untuk melakukan penghematan bahan bakar ialah dengan Teknik gas and glide. Tejnik ini ialah membiarkan mobil meluncur ketika jalanan lancer tanpa menginjak gas.

Lalu bagaimana setelah membaca artikel Tips Membeli Mobil Bekas Matic atau manual diatas tersebut? Semoga saja bisa membantu.

Baca Juga : Tips dan Cara Mengatasi Radiator Mobil Bocor yang Darurat

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *