Biasa Nyetir Mobil Pakai Sendal Jepit, Apakah Bahaya?

memakai sandal saat menyupir

Menyetir Mobil Pakai Sendal Jepit  – Kebiasaan nyetir pakai sendal buat sebagian orang merupakan kenyamanan tertentu. Tapi tahu nggak sobat kalau nyetir mobil pakai sendal jepit waktu menyetir sangat tidak disarankan. Faktanya di beberapa negara, menyupir dengan sendal jepit dilarang dengan alasan karena bisa membahayakan keselamatan untuk pengendara dan orang lain.

Di negara Inggris contohnya, pengendara yang menggunakan sendal jepit bisa didenda sampai 5.000 Poundsterling, jika dikonversi senilai Rp 85 jutaan, wow! Terus sebegitu serius kah menyetir mobil pakai sendal jepit? Kita simak artikel berikut ini yuk.

Bahayanya Nyetir Pakai Sendal Jepit

menyetir mobil pakai sandal
menyetir mobil pakai sandal

Diambil dari website Drive Army, sendal jepit bisa menyangkut pada pedal gas dan mampu membuat pengendara susah untuk bereaksi cepat ketika mau menginjak pedal rem. Saat perpindahan kaki dari pedal gas dan rem ketika memakai sendal jepit waktunya menjadi lebih lama dua kali lipat.

Ketika Menyetir Mobil Pakai Sendal Jepit, perpindahan kaki dari pedal gas ke pedal rem dapat berlangsung selama 0,05 detik namun sebaliknya jika memakai sepatu hanya sekitar 0,02 detik.

Tekanan kaki yang diberikan ketika menggunakan sendal jepit juga lebih pelan dan dinilai lebih berpotensi membahayakan ketika harus melakukan pengereman secara mendadak. Rem yang tidak terinjak penuh bisa mengakibatkan mobil menabrak.

Ada beberapa syarat untuk alas kaki yang lebih aman untuk dipakai ketika menyetir mobil dibanding memakai sendal jepit.

Salah satunya ialah ketebalan sol tak lebih dari 10mm, terdapat karet di bagian bawah sehingga menghindari selip pada saat menginjak pedal, tidak membatasi pergerakan angkel kaki, ukuran yang tidak kebesaran, dan bentuknya juga tidak saling berhimpitan saat kedua kaki menginjak pedal.

Baca Juga : Cara Merawat Motor Matik Injeksi Terkini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *