Bagaimana Mengatasi Ban Pecah Ketika Kecepatan Tinggi di Tol

mengatasi ban pecah saat kecepatan tinggi



Mengatasi Ban Pecah Ketika Kecepatan Tinggi – Faktor kecelakaan di jalan tol khususnya bisa terjadi karena pecah ban pada kecepatan tinggi. Selain faktor pengendara yang mengebut, mengantuk, kondisi mobil dan banyak lagi faktor-faktor eksternal seperti kondisi cuaca, lingkungan dan banyak lagi.

Ban mobil yang Pecah ketika berkendara pada kecepatan yang tinggi merupakan salah satu penyebab kecelakaan. Tentunya kita semua tidak menginginkan kejadian seperti ini menimpa kita, tapi jika memang terjadi pada diri kita, apa yang harus dilakukan?

Cara Mengatasi Ban Pecah Ketika Kecepatan Tinggi Agar Selamat

Tetap Tenang

Kejadian ban pecah memang sulit diduga. Bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Kejadiannya pun berlangsung cepat dengan guncangan yang hebat. Bila mengalami ban pecah pada kecepatan tinggi, langkah pertama yang wajib dilakukan adalah jangan panik. Karena jika panik justru akan melakukan hal-hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan. Segera hidupkan lampu hazard pandangan tetap fokuskan ke depan dan kendalikan mobil dengan mengurangi kecepatannya secara perlahan.

Keseimbangan

Mobil yang mengalami pecah beban saat melaju dengan kecepatan tinggi akan sangat mudah tergelincir dan terbalik. Untuk menjaga keseimbangan kendaraan ini dibutuhkan pengalaman mengemudi yang mumpuni. Mengurangi gas secara perlahan dan bertahap dapat menyeimbangkan kendaraan. Usahakan untuk mengurangi beban pada ban yang pecah.

Ban pecah ketika di jalan tol



Jaga Kecepatan

Hal lain yang dapat lakukan untuk Mengatasi Ban Pecah Ketika Kecepatan Tinggi ialah saat ban depan pecah harus berusaha mempertahankan laju kendaraan dan mengurangi kecepatan kendaraan dengan melepaskan kaki dari pedal gas secara perlahan. Jangan langsung melepaskan injakan pedal gas. Setelah kecepatan mobil berkurang, lakukan engine brake untuk membantu menahan laju kendaraan

Kemudi Mobil

Jika ban pecah di bagian depan langsung lepas kopling, kemudian diikuti rem dan gas. Modalnya hanya counter steering saja misalnya ban pecah bagian kiri, maka setir akan berat kekiri maka balas dengan mengarahkan kemudi ke kanan hingga arah laju  tetap stabil begitu pun sebaliknya.

Pengereman

Ban pecah bagian belakang biasanya relatif mudah di kendalikan, justru terkadang tidak terasa. Akan tetapi saat mengerem dimana ban belakang telah pecah, maka laju kendaraan akan melintir tidak terarah. Jika tetap melakukan pengereman secara mendadak, justru dapat menyebabkan kecelakaan. Gunakan engine brake untuk membantu mengurangi kecepatan mobil.

Jangan Melakukan Ini Ketika mengalami Pecah Ban Mobil Pada Kecepatan Tinggi




Jangan menginjak rem secara mendadak. Pengereman yang mendadak akan memindah bobot mobil kedepan dan setir akan semakin menarik kearah ban pecah yang dapat menyebabkan mobil terbalik. Biasanya mobil atau bus yang Mengatasi Ban Pecah Ketika Kecepatan Tinggi di jalan tol kendaraannya akan dibiarkan melaju jalan terus sambil berjalan ketepi sampai kendaraan berhenti sendiri.

Ini cara teraman untuk mengatasi pecah ban. Selalu perhatikan kondisi kendaraan kita setiap waktu dan lakukan service rutin supaya kondisi kendaraan tetap aman selama berkendara.

Baca Juga : Power Steering Bunyi Mendengung Dan Penyebabnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *