AC Dalam Mobil Tiba-Tiba Panas, Coba Periksa Pompa Radiator Mobil

Salah satu gejala dari Pompa Radiator Mobil Rusak ialah tiba-tiba suhu dalam kabin mobil panas walaupun AC menyala. Salah satu penyebab dari AC yang tiba-tiba panas bisa berasal dari tidak normalnya fungsi radiator mobil.

Radiator mobil berfungsi untuk menjaga suhu mesin tetap stabil ketika berjalan. Jika fungsi radiator ini tidak maksimal seperti mengalami kebocoran, maka suhu mesin akan naik dan overheat. Indikasinya bisa kamu lihat dengan naiknya jarum temperatur mesin di dashboard atau menyalanya lampu indikator suhu mesin.

Penyebab Pompa Radiator Rusak

Beberapa penyebab radiator mobil rusak bisa saja dari banyak faktor. Umumnya penyebab radiator rusak dikarenakan usia pemakaian dan perawatan. Banyak pengendara mobil yang kurang memperhatikan bagian ini.

Usia Mobil

Salah satu penyebab pompa radiator mobil rusak ialah usia mobil. Jika mobil kamu sudah diatas 5 tahunan, maka bisa dipastikan akan banyak komponen mobil yang harus diganti. Salah satunya ialah pompa radiator ini.

Pemakaian air coolant

Selain itu juga pemakaian air radiator yang tidak sesuai, seperti menggunakan air ledeng atau air tanah bisa menyebabkan korosi pada bagian radiator.

Korosi inilah yang nantinya menyebabkan kebocoran pada kisi-kisi radiator sehingga menyebabkan mobil overheat ketika sedang dijalan. Ada baiknya selalu memakai air radiator yang benar dan jangan memakai air tanah, air pam atau air mineral untuk radiator mobil

Jika tiba-tiba mobil overheat, kamu harus langsung berhenti dan mencari tahu dengan cara membuka kap mobil. Periksa langsung radiator mobil kamu untuk mencari sumber kebocoran radiator. Bisa dari pipa radiator yang getas, radiator itu sendiri yang bocor atau dari pompa radiator yang rusak.

pompa radiator rusak
pompa radiator rusak

Harga Pompa Radiator

Untuk harga pompa radiator mobil tergantung dari kualitasnya. Di marketplace kamu bisa mendapatkan variasi harga pompa radiator mobil dari yang termurah sampai yang termahal.

Untuk harga pemasangan pompa radiator mobil dibengkel umum berkisar antara Rp 700ribu ke atas tergantung dari harga pompa radiator dan biaya servisnya.

Baca Juga : Penyebab Bunyi “Gluduk-Gluduk” di Honda Freed

  • Leave a Comment