4 Cara Mudah Periksa Kesehatan Aki Mobil

aki mobil

Periksa Aki Mobil – ACCU (aki ) atau baterai pada mobil menjadi salah satu komponen utama yang harus dirawat. Sumber listrik utama pada mobil ini memberikan power supply untuk kelistrikan. Jika komponen ini bermasalah atau bahkan habis arus listriknya, maka mesin dan perangkat pada mobil bakal sulit dinyalakan.

Diambil dari laman Astraworld  aki mobil merupakan onderdil vital pada mobil kamu, dan bila bermasalah pastinya membuat perjalanan kamu menjadi terganggu. Nggak mau kan mobil kamu mogok tiba-tiba di tengah jalan karena aki nya soak?

Terdapat 4 cara simple yang dapat kamu lakukan sebagai pemilik mobil agar dapat mengetahui kondisi kesehatan aki mobil kamu. Simak trik gampang mengecek aki mobil yang bisa dilakukan sendiri di rumah ketika waktu luang kamu.

aki mobil
periksa kondisi aki mobil

Indikasi Aki Mobil yang Harus diganti

  1. Mesin Mobil Sukar dinyalakan

Salah satu ciri Aki yang kurang bagus ialah suara ‘cetak-cetek’ pada saat kunci mobil diputar ke posisi start untuk menyalakan mobil. Pada kondisi terburuk bahkan tidak terdapat suara sama sekali pada saat kunci starter kontak mobil dinyalakan.

Ketika kondisi aki bagus listrik dari accu akan mengalir ke dinamo starter mobil untuk membantu menyalakan mesin.

  1. Perhatikan lampu Indikator Aki di dasbor

Ketika menstarter mobil pada saat mati, ketika kunci kontak masuk ke dalam lubangnya maka lampu-lampu indikator akan menyala. Periksalah semua lampu indicator yang berada di dalam dashboard mobil anda, termasuk indicator aki dan oli mesin. Jika kondisi aki lemah maka lampu indikator akan redup dan bahkan tidak menyala.

  1. Periksa Suara klakson

Berikutnya  cara mudah untuk mengetahui kondisi batere aki mobil ialah dengan cara membunyikan klakson. Cara ini dengan  menekan dan tahan klakson, kemudian putar kunci kontak ke posisi starter. Apabila aki lemah maka akan mengakibatkan suara klakson yang kurang kuat, lemah bahkan tidak ada suara sama sekali.

  1. Gunakan Tester

Cara yang termudah ialah dengan menggunakan tester untuk mengetahui lemah atau tidaknya arus listrik di aki mobil kamu.

Namun jika dengan cara menjumper arus aki tadi tidak bisa menyala,  maka jalan terbaik ialah dengan mengganti aki mobil dengan yang baru. Apabila kamu telah melakukan 4 hal di atas maka bisa dipastikan jika salah satu penyebab terbesar mobil susah di starter mungkin karena baterai atau akinya yang sudah mulai lemah. Supaya mobil dapat hidup,maka  dapat dilakukan dengan cara memancing (jumper) aki yang lemah dengan aki yang masih bagus dan hanya untuk kondisi darurat.

Semoga artikel Cara Mudah Periksa Kesehatan Aki Mobil diatas berguna. Terimakasih telah berkunjung ke otodomain.com, jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa berguna untuk kamu atau pun kerabat terdekat.

 

Baca Juga : Rawat AC Mobil Kamu Dengan Trik Mudah ini

 

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *