Tips dan Cara Menyetir Mobil Matik di Tanjakan Curam

jalanan menanjak

Tips dan Cara Menyetir Mobil Matik di Tanjakan Curam –  Halo driver otodomain, kali ini kita akan ulas mengenai cara mengendarai mobil matik khususnya ketika berada di tanjakan. Jika kita berkendara tentu melewati berbagai medan jalan. Dari jalan lurus, berkelok, naik dan turun. Nah kita harus siap dengan segala kondisi jalan agar sampai selamat ke tujuan.

Beberapa saat lalu viral video tentang mobil kecil yang tidak bisa menanjak di saah satu jalan tol penyebabnya karena kondisi jalan yang curam. Banyak kendaraan yang disebutkan tidak mampu menanjak ketika melewati jalur yang berada di rute tol yang menghubungkan antara kota Semarang dan Solo tersebut.

Jika hal ini terjadi maka akan berdampak terhadap terjadinya kemacetan juga keselamatan si pengendara. Khususnya untuk pengemudi mobil yang bergigi otomatis atau matik bisa disimak mengenai beberapa tips cara mengemudi mobil manual di jalan tanjakan

Posisi Tuas Drive (D) dan Low (L)

Hal yang pertama kali perlu kamu perhatikan oleh pengemudi mobil matik ialah jangan terus membiarkan tuas transmisi pada posisi Drive (D). Perlu kamu perhatikan untuk memindahkan tuas ke posisi Low (L) dan atau 2 jika memang ada di mobil kamu.

perseneilng mobil matic
perseneilng mobil matic

Pakailah transmisi 2 untuk bisa berjalan dengan mudah. Selain daripada itu, apabila jika tanjakan sudah semakin curam maka pindah lah posisi L. Posisi low (L ) seperti  gigi 1 pada mobil manual. Dan posisi ini dianjurkan untuk digunakan jika jaanan tanjakan yang benar-benar curam atau ketika saat terjebak macet dan juga berjalan merayap di tanjakan.

Akan tetapi jika waktu menanjak mobil kemudian tidak kuat untuk terus menanjak, maka  tidak disarankan untuk terus memaksakan menginjak gas mobil. Kamu bisa berhenti sejenak untuk mendapatkan momentum akselerasi mobil atau tenaga baru. Kemudian setelah itu, mobil bisa bergerak dengan perlahan dan juga jangan menginjak pedal gas penuh.

Disarankan untuk menginjak gas dengan perlahan, serta jangan dihentak. Hal ini bertujuan untuk mengontrol putaran mesin supaya tidak terlalu tinggi.

jalanan menanjak
jalanan menanjak

Mengemudikan mobil matik tentunya berbeda dengan menyupir mobil manual dimana masih ada kopling dan gigi yang bisa dimainkan. Tentunya dengan perbedaan ini membuat Cara Menyetir Mobil Matik di Tanjakan terdapat trik khusus.

Keselamatan pengemudi dan penumpang menjadi hal yang utama di jalan, mengetahui karakteristik mobil dan cara menyupirnya sudah sangat membantu apalagi jika kamu terjebak macet di tanjakan dan mobil jaan perlahan. Pastikan jaga jarak aman antara kendaraan anda dan sekitar, jangan sampai terjadi pergerakan yang tiba-tiba seperti mobil mundur atau rem blong yang bisa membahayakan kamu dan penumpang.

 

Baca Juga : Tips dan Cara Mengatasi Radiator Mobil Bocor yang Darurat

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *