Suara Mesin Mobil Mendengung, Ternyata Ini Penyebabnya

Suara mesin mobil mendengung – Pernahkah kamu mengalami suara mesin mobil mendengung ketika dalam perjalanan? Dalam keadaan normal suara mesin mobil yang idle tidak akan mendengung ketika di gas ataupun dalam keadaan berjalan.

Untuk diketahui, suara mesin mobil mendengung tidak hanya bersumber dari mesin mobil itu. Akan tetapi bisa saja bersumber dari komponen lainnya yang tidak berkaitan langsung dengan komponen mesin.

Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung

Jika mesin mobil kamu mendengung, ada baiknya diperiksa beberapa bagian mobil dibawah ini:

1.Pompa Hidrolik Power Steering

Untuk keluaran mobil lawas, biasanya sistem hidraulik power steering masih belum elektrik. Keluaran mobil diatas tahun 2012-an biasanya sudah menggunanakan elektrik power steering.

Jika kendaraan kamu menerapkan sistem hidraulik power steering, maka bisa dicek pada bagian pompa power steering yang biasanya menempel pada mesin.

  1. Kerusakan Unit Kompresor AC Mobil

Periksa juga suara dari kompresor AC mobil, bisa jadi ini merupakan penyebab suara mesin mobil mendengung saat di gas.

Umur pemakaian kompresor AC yang telah lama dan perlu diservis bisa jadi menyebabkan suara mesin mobil mendengung. Yang perlu diperhatikan ialah suara dengungan yang disebabkan oleh kompresor AC hanya akan terdengar ketika kompresor AC menyala.

3. Kerusakan Laher atau Bearing Pulley Mesin

Mobil kamu mempunyai banyak pulley seperti pulley water pump sistem pendingin, pulley mesin, pulley idle, pulley alternator pengisian, pulley tensioner dan pulley pompa hidrolik power steering.

Jika ada kerusakan pada komponen ini harus diganti dan tidak dapat diperbaiki.

Baca Juga : Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar, Kenali Apa Saja Sumbernya

Masih Butuh Info ? Klik Artikel Terkait Yang Ada di Bawah Ini :

  • Leave a Comment