Plat Kopling Rusak Penyebab Kopling Mobil Bunyi Saat Dilepas

Penyebab Kopling Mobil Bunyi Saat Dilepas – Pengguna mobil kopling khususnya yang telah diatas 5 tahun sering mendapatkan masalah bunyi kopling yang kurang nyaman. Hal ini kadang membuat rasa tidak nyaman pengemudi dan juga penumpang.

Suara yang keluar seperti “krek krek”, biasanya muncul dari kopling ketika pedal kopling diangkat atau dilepas. Dengan bertambahnya usia mobil dan lama pemakaian maka kondisi kopling ini juga akan berkurang.  Jika tidak segera diatasi, maka kopling mobil yang bunyi saat dilepas bisa mengakibatkan masalah pada kopling, mulai dari getar, selip, sampai mogok.

Artikel Terkait : Ciri Ciri Booster Rem Mobil Rusak

Lalu apa sajakah yang menjadi sebab kopling mobil bunyi waktu dilepas? Simak artikel otodomain.com mengenai penyebab kopling mobil bunyi saat dilepas pada dibawah ini.

Clutch Disc Assy (Plat Kopling) yang rusak

Fungsi plat kopling ini ialah untuk mentransfer energi dan putaran dari mesin ke transmisi dengan gaya gesek. Yang sering terjadi menjadi pemicu kopling mobil bunyi saat dilepas ialah kerusakan pada komponen clucth disc (plat kopling) assy ini secara keseluruhan.

Bagian plat kopling dibawah ini merupakan komponen yang biasanya menjadi penyebab bunyi saat kopling dilepas :

  1. Clutch Facing (Kampas kopling) yang tipis

Clutch facing atau nama lainnya kampas kopling merupakan komponen fast moving yang harus diganti jika telah lama penggunaannya.

Saat clutch facing ini tipis, rivet yang ada akan menonjol keluar dan menyebabkan saat kita melepas pedal kopling paku keling tersebut bergesekan dengan permukaan flywheel atau clutch cover. Kondisi inilah yang membuat kopling mobil bunyi saat dilepas.

Ketika jepitan clutch cover telah kuat dan pedal sudah dilepas seluruhnya, maka bunyi akan hilang karena gesekan yang terjadi telah berkurang. Akan tetapli, bila kampas kopling telah habis total, bunyi pada kopling terus ada.

2. Melemahnya Pegas torsion dumper

Penyebab Kopling Mobil Bunyi Saat Dilepas berikutnya ialah Pegas torsion dumper yang lemah. Komponen ini fungsinya untuk mengurangi hentakan dan getaran ketika proses putus sambung tenaga dari mesin ke transmisi. Maka dengan adanya pegas torsion dumper ini, maka proses penyambungan tenaga akan menjadi lebih halus dan sehingga tidak menimbulkan bunyi.

Saat pegas torsion dumper telah lemah, oblak, atau telah renggang terhadap dudukannya pada disc plate, maka ketika terjadi hentakan, pegas biasanya langsung menumbuk dan akan menimbulkan bunyi ketika pedal kopling mobil dilepas.

3. Clutch hub dan disc plate

Clutch hub dan disc plate ialah komponen kopling yang berhubungan langsung dengan input shaft transmisi. Clutch hub dan disc plate ini biasanya bisa menjadi tidak simetris lagi akibat getaran yang terjadi selama kopling beroperasi. Kondisi Clutch hub dan disc plate yang menurun ini sering menjadi pemicu kopling mobil bunyi waktu dilepas.

Baca Juga : Penyebab Koil Mobil Mati Yang Sering Ditemukan

Masih Butuh Info ? Klik Artikel Terkait Yang Ada di Bawah Ini :

  • Leave a Comment