Ikuti Cara Mudah Ini Untuk Mengecek Mobil Bekas Sebelum di Beli

cara mengecek mobil bekas

Cara mengecek mobil bekas – Pilihan dalam memiliki kendaraan mobil kadang terbatas oleh masalah dana. Apalagi jika sudah kepepet oleh kebutuhan bulanan. Kadang mempunyai motor bisa menjadi pilihan, akan tetapi jika mempunyai mobil telah mendesak maka mau tidak mau harus membeli mobil bekas.

Jangan ragu atau malu jika membeli mobil bekas, apalagi saat ini mobil sudah menjadi kebutuhan dan bukan barang mewah. Kalau memang sudah butuh nggak ada salahnya kan untuk membeli yang bekas dan berkualitas?

Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam membeli mobil bekas ialah mesin mobil. Karena bagian ini yang mempunyai faktor paling menentukan dalam keputusan mengambil mobil bekas yang sesuai dengan dana.



Dapatkan Informasi Mengenai Mobil Bekas Seperlunya

Selain itu juga kamu bisa menanyakan jika mobil bekas tersebut merupakan mobil bekas tabrakan, mobil bekas banjir, mobil bekas taksi, mobil bekas taksi online atau mobil bekas perusahaan. Hal ini sangat perlu diketahui untuk tahu sejarah aktivitas penggunaan mobil bekas yang akan kamu beli.

Tawarlah harga mobil dengan wajar karena kamu juga harus mempertimbangkannya terlebih dahulu. Menawar harga bisa dengan alasan mengganti komponen yang rusak setelah dibeli.

Jika kamu telah memutuskan untuk membeli mobil bekas yang berkualitas, maka ikuti langkah mudah dibawah ini agar kamu tidak kecewa ketika telah menjatuhkan pilihan mobil bekas yang akan kamu beli.

cara mengecek mobil bekas
cara mengecek mobil bekas/instagram.com

Starter dan Nyalakan Mesin

Pinjam kunci atau minta sales mobil untuk menyalakan mesin. Jika Mudah untuk distarter maka menandakan kondisi mesin mobil bekas yang normal. Jika ada gangguan ketika distarter maka kemungkinan ada masalah pada kelistrikan atau lainnya.

Cek Indikator di Dasbor Mobil

Setelah mesin nyala, cek lampu-lampu indikator di dasbor dengan seksama. Nyalakan semua lampu-lampu, AC, radio dan juga lampu rem. Pastikan semuanya dalam kondisi menyala.

Dengarkan Suara Mesin

Jika suara mesin normal biasanya tidak bising dan berdecit. Coba mainkan gas mobil sampai RPM yang tinggi. Jika tidak ada suara-suara yang aneh maka mesin dalam keadaan normal. Ini juga merupakan cara cara mengecek mobil bekas sebelum membeli juga cara memeriksa mobil bekas yang berkualitas. Mobil dengan kondisi mesin masih baik tidak akan menimbulkan suara aneh ketika starter.

Kondisi Mesin

Cek kondisi mesin mobil bekas. Lihatlah kondisi mesin dengan cermat jika ada rembesan oli, air atau bekas tabrakan. Memang membeli mobil bekas yang bagus agak rumit dan diperlukan kesabaran, tapi ya itu kalau mau terima beres tinggal beli mobil baru saja. Iya kan?

Periksa juga baut-baut dan mur di mesin. Jika ada yang lepas, atau tidak terpasang dengan sempurna, maka indikasi pada bagian tersebut pernah diservis.

Cara mengecek mobil bekas yang masih bagus diatas merupakan beberapa tips mudah cara membeli mobil bekas yang bisa kamu lakukan sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan bekas, semoga berguna.

Baca Juga : Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membeli Mobil Bekas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *