Cara Mudah Merawat Power Steering  Supaya Tidak Cepat Rusak

cara merawat power steering

Untuk mobil keluaran terbaru Power steering merupakan salah satu part yang penting. Jika tidak ada fitur ini maka dipastikan setir mobil kamu akan sangat berat untuk di kendalikan. Perawatan rutin sangat diperlukan untuk menjaga dan juga cara merawat power steering agar tidak rusak.

Lalu bagaimana caranya untuk merawat power steering untuk kamu pengemudi yang baru pertama kali mempunyai mobil dan sangat awam mengenai  cara yang benar melakukan perawatan komponen mobil ini?

Otodomain.com akan mengulas tips mudah melakukan perawatan power steering supaya awet dan tidak mudah rusak.

cara merawat power steering
cara merawat power steering

Pilih kondisi jalan yang baik

Kondisi jalan juga sangat berpengaruh terhadap keawetan power steering.  Jalan yang rusak dan juga berlubang sebisa mungkin untuk dihindari. Akan tetapi bila terpaksa untuk melewatinya maka lakukan dengan pelan-pelan. Jangan sampai kamu merusak power steering karena kebiasaan menyetir yang buruk.

Kendarakan mobil dengan normal karena power steering akan cepat rusak jika mobil dipakai secara ugal-ugalan. Hal ini akan membuat guncangan yang keras juga hentakan yang keras pada as steering sehingga dapat dengan mudah merusak komponennya. Oleh karena itu perhatikan jalan dengan benar dan juga menyetir dengan normal untuk menghindari kecelakaan.

Jangan Menerobos banjir

Ketika musim hujan pastinya akan banyak jalanan yang menggenang. Jika kamu terlalu sering melewati jalanan yang tergenang atau banjir maka bisa membuat power steering mobil akan cepat rusak. Part power steering dapat menjadi sasaran yang paling dulu terpengaruh pada mobil hybrid atau mobil dengan sistem listrik dimana power steering dipasang tepat di posisi as setir dan lokasinya sejajar dengan as roda.

Dengan secara otomatis banjir biasanya akan sangat mudah sekali untuk merusak komponen ini. Dan jika komponen penting ini basah dan terendam air maka akan. Untuk memperbaikinya kamu harus mengganti total.

Periksa Pipa-pipa dan Oli power steering

Sistem power steering bekerja dengan menggunakan tekanan oli/minyak. Pada banyak kasus terdapat kebocoran pada pipa atau selang. Jika jumlah oli power steering masih dalam keadaan normal, maka bis dipastikan jika tidak ada kebocoran.

Akan tetapi jika jumlahnya berkurang secara signifikan, maka kamu harus segera ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan. Jangan lupa untuk mengisi oli power steering jika dirasa perlu.

Posisi ban pada saat parkir

Posisi ban harus dalam keadaan lurus ketika parkir. Hal ini sangat penting untuk merawat power steering yang bisa dilakukan sendiri supaya tidak cepat rusak.

Pemakaian mobil yang normal tentunya akan membantu merawat kondisi mobil secara keseluruhan. Tidak hanya power steering akan tetapi spare part mobil lainnya. Jangan malas untuk melakukan pemeriksaan kondisi mobil sendiri  jika ada waktu senggang.

 

Baca Juga : Tips dan Trik Bersihkan Filter Udara Motor Kalau Dibiarkan Kotor Boros Bensin

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *