Cara Merawat Motor Matik Injeksi Terkini

cara merawat motor matic

Merawat Motor Matik Injeksi – Jika kita merajuk pada prosedur standar dari pabrikan yang ada, maka untuk melakukan perawatn motor skutik sebenarnya tidak berbeda dengan motor jenis sport atau bebek. Walaupun begitu, jika kamu bandingkan motor yang masih memakai karburator untuk sistem bahan bakarnya, maka motor matik jenis injeksi pastinya sedikit lebih rumit dikarenakan sistem suplai bahan bakar yang diatur secara eletrik.

Pada belakangan ini, motor matik menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia khususnya. Salah satu alasannya ialah kemudahan untuk dikendarai juga punya performa mesin yang responsive dan modelnya yang kekinian.

Walaupun begitu motor matic telah memakai sistem injeksi, pada faktanya masih dibutuhkan perawatan yang berkala agar kondisi selalu siap pacu. Tentunya hal ini merupakan hal rutin yang harus dilakukan oleh pemilik motor matic injeksi jika mau mesin selalu terjaga dan awet.

Dibawah ini ialah cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat motor matik seperti yang dilansir oleh liputan6.com

cara merawat motor matic/instagram

Jika kamu mengendarai motor jenis matik injeksi maka tidak dianjurkan untuk sering memainkan kecepatan laju motor dengan cara tiba-tiba atau menghentak. Lakukanlah secara perlahan untuk mengegas dan bertahap juga ketika kamu akan menurunkan laju motor kamu.

Cek Kondisi Aki dan Busi

Cara merawat motor matik  selanjutnya ialah memeriksa ketersediaan bahan bakar yang ada. Selain itu jugs aki dan busi juga harus kamu periksa secara berkala. Apabila tidak, motor akan berisiko dan bisa mati tiba-tiba. Tentunya kamu tidak mau kan mogok ditengah jalan apalagi jika bengkel motor jauh dan sulit untuk dijangkau.



Cek kondisi oli dengan benar, jangan sampai oli kurang atau melebihi masa pemakaian. Ada 2 oli yang harus kamu periksa yaitu oli mesin dan juga oli transmisi. Perhatikan agar jangan sampai pelumas pada motor kamu kurang atau kering.

Selain itu juga kamu harus rajin memeriksa kondisi busi dan aki motor matic. Hal ini sangat berkaitan dengan komponen elektronik yang ada di motor. Motor jenis matik injeksi sangat bergantung kepada sumber daya listrik yang maksimal agar motor bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu kedua bagian ini harus selalu prima.

Yang tidak kalah penting dalam merawat motor matik injeksi ialah melakukan pemeriksaan rutin ke bengkel resmi atau langganan kamu untuk memeriksa secara berkala dan melakukan penggantian spare parts yang memang diperlukan. Jangan lupa juga untuk memeriksa V-Belt dan juga shock breaker ketika berada di bengkel ya.

Motor matic Injeksi memang sangat mudah dikendarai, itulah mengapa kendaraan ini banyak digunakan oleh para biker. Akan tetapi jangan sampai kamu lalai dalam melakukan perawatan motor matic injeksi  ini, karena biaya perawatan nantinya akan lebih besar jika harus turun mesin misalnya.

Baca Juga : Cara Periksa Mesin Motor Matic Bekas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *