Cara Merawat Head Unit Mobil Yang Mudah

cara merawat head unit mobil

Head unit mobil biasanya juga dikenal dengan tape mobil dan saat ini telah menjadi sarana hiburan untuk berkendara. Keberadaan head unit system lengkap sampai ke komponen audio seperti speaker, amplifier dan subwoofer sudah menjadi kebutuhan dalam kabin mobil. Dibawah ini merupakan kiat dan tips mudah merawat head unit mobil sendiri.

Jagalah kebersihan Dashboard Mobil

Secara tidak langsung cara untuk melakukan perawatan tape mobil ialah menjaga kebersihan dashboard mobil kamu. Banyak debu dan kotoran yang menempel bisa mengakibatkan penumpukan dan juga merusak system elektrik dari head unit.

Gunakan vacuum cleaner dan juga lap yang lembab untuk melakukan pembersihan pada bagian-bagian yang mungkin dicapai. Jika terlalu sulit bawa ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan.

cara merawat head unit mobil
cara merawat head unit mobil

Remote Control

Pakailah remote control agar head unit lebih awet dalam pemakaian sehari-hari. Apalagi jika head unit kamu menggunakan touch screen. Mengurangi sentuhan jari yang berlebihan di layar touchscreen mobil akan berefek pada keawetan head unit, karena akan terjaga dalam keadaan yang bersih juga bebeas dari bekas kotoran atau minyak.

Bersihkan dengan lap lembab jika layar touch screen head unit mobil sudah Jika layar sudah kotor.  Bisa jugga dengan menggunakan cairan pembersih khusus.

Gunakan CD yang original

CD original akan membuat awet head unit mobil karena optik tape mobil akan bekerja dengan normal. Jika kamu menggunakan CD bajakan, maka optik head unit akan bekerja lebih berat karena kualitasnya yang buruk.

Selain itu juga perhatikan kebersihan CD musik yang akan diputar, pastikan dalam keadaan bersih dan tidak kotor. Jika tergores parah, maka biasanya tidak akan terbaca oleh head unit.

Fitur Tambahan

Cara merawat head unit mobil salah satunya ialah dengan memanfaatkan fitur tambahan yang ada seperti USB, Bluetooth, SD Card. Hal ini bisa dilakukan agar optik bisa lebih awet.

Menggunakan SD card juga sangat efisien karena kamu bisa menyimpan semua lagu favorit yang mau kamu dengar dan langsung memutarnya di dalam mobil.  Simpan file video dan lagu kesenangan kamu dalam flash disk atau SD card, yang perlu diingat ialah jangan mencabut usb atau SD card ketika kamu sedang memutar file/ memainkan musik di head unit. Hal ini bisa merusak usb juga head unit.

Periksa Aki

Aki mobil sangat penting dalam performa head unit mobil. Periksa aki mobil sebulan sekali untuk memastikan kondisi yang prima. Kamu bisa menggunakan multi tester untuk mengetahui tegangan yang ada di dalam aki mobil, khususnya aki kering.

Jangan menyalakan head unit dengan kondisi mobil mati, karena akan menghabiskan aki mobil dengan cepat.

Kenyamanan berkendara merupakan hal yang penting saat ini. Keberadaan Head Unit Mobil sangat diperlukan untuk menghibur pengemudi dan juga penumpang. Smoga tips-tips cara merawat head unit mobil diatas bermanfaat untuk anda.

 

Baca Juga : Cara Mudah Merawat Power Steering  Supaya Tidak Cepat Rusak

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *