AC Mobil Berisik? Tips Memilih Kompresor AC Copotan

kompresor AC mobil copotan

Kompresor AC mobil copotan memang harganya murah, akan tetapi kamu harus waspada. Jika mobil sudah terasa panas dan kompresor mobil ngorok, maka bisa dipastikan bahwa kompresor ac mobil harus di ganti.

Ketika kompresor AC mobil ditemui rusak, banyak pemilik mobil yang kaget dengan harga komponen ini yang lumayan mahal. Biasanya bengkel servis AC mobil akan menawarkan atau menyediakan kompresor versi ”copotan” yang tentunya dengan harga yang jauh lebih miring.

Namun harus diketahui jika copotan itu bukan kompresor yang rusak dan di servis. Akan tetapi juga harus diwaspadai untuk memilih kondisi yang cukup layak dan masih bagus. Memang terkadang dirasa untung-untungan jika dapat yang masih bagus.

Umumnya para montir servis AC mendapatkannya dari pedagang khusus yang memasok. Untuk diketahui kebanyakan kompresor ini ialah eks Singapura, atau dari bekas onderdil mobil yang memang ingin diganti lebih awal dari seharusnya.

kompresor AC mobil copotan
kompresor AC mobil copotan

Jika Anda tertarik untuk melakukan penggantian kompresor AC mobil dengan copotan maka perlu membaca tips dibawah ini:

Periksa fisik kompresor

Periksa secara menyeluruh keadaan kompresor AC. Apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Jangan tertipu dengan luaran yang masih bagus dan seperti baru, karena tidak menjamin kompresor AC bekerja dengan optimal.

Periksa fungsi

Ini hal yang sangat penting. Cek tekanan atau kompresi yang dihasilkan kompresor AC. Ini harus diperhatkan, karena tugas onderdil ini ialah membantu mengalirkan refrigerant (freon) dan membuat Mobil dingin. Cek juga jangan sampai ada bagian-bagian yang bocor. Bisa dilakukan pemeriksaan dengan menyelupkannya kedalam saat diberi tekanan udara.

Suara Kompresor

Biasanya kompresor yang rusak akan mengeluarkan suara yang berisik, pastikan tidak ada suara-suara berisik yang aneh setelah dipasang. Biasanya kompresor copotan berkondisi sekitar 80%, jika ada suara berisik yang tidak berlebihan bisa dikatakan masih dalam kondisi bagus. Namun jika muncul suara berisik yang berlebih biasanya ada kerusakan pada bearing dan piston.

Minta garansi Pembelian

Sebelum melakukan transaksi ada baiknya lakukan konsultasi terlebih dulu. Jangan lupa juga untuk meminta garansi Kompresor AC copotan jika telah disetujui untuk diganti. Pada umumnya pedagang atau tukang AC mobil akan memberikan garansi 1-3 bulan agar menjamin barang tersebut aman digunakan.

AC mobil merupakan hal yang penting dalam berkendara. Apalagi jika Anda tingal di daerah perkotaan yang panas pada siang hari, terlebih jika dalam kondisi macet. Kompresor AC yang prima diperlukan untuk membuat hawa dalam kabin mobil tetap dingin dan sejuk. Jika dirasakan kabin mobil panas dan AC kurang dingin, maka bisa dipastikan kompresor AC bermasalah. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan dan servis AC secara berkala.

Baca Juga : Rawat AC Mobil Kamu Dengan Trik Mudah ini

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *